kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

AEON Indonesia siap menambah dua mal baru


Selasa, 15 April 2014 / 07:10 WIB
AEON Indonesia siap menambah dua mal baru


Reporter: Adisti Dini Indreswari | Editor: Anastasia Lilin Yuliantina

JAKARTA. Investor mal asal Jepang AEON terus melebarkan sayapnya di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek). Yang terbaru, AEON Mall Indonesia inu ngebet menambah dua mal lagi di Bogor.


AEON memang tak menyebutkan detail titik lokasi yang dibidiknya. Pengembang ini hanya menunjuk kemungkinan dua lokasi mal terbarunya ada di Kota Hujan, yakni Cibinong dan Sentul.


Djono Karjadi, General Manager Corporate Planning Department AEON Mall Indonesia bilang, Bogor dipilih karena sesuai dengan konsep AEON Mall sebagai mal suburban. "Sejak awal, kami memang mengincar lokasi strategis di pinggiran Jakarta," terangnya ketika dihubungi KONTAN, Senin (14/4).


Penambahan dua lokasi mal dalam daftar rencana pembangunan ini tak ayal akan menggenapi pekerjaan rumah pembangunan mal AEON menjadi lima gerai.


Anda tentu masih ingat, sebelumnya, AEON sudah woro-woro bakal membangun mal di Bumi Serpong Damai (BSD) City, Tangerang dan Kota Deltamas, Bekasi.
Kemudian mal yang ketiga terletak di Jakarta Timur. Tepatnya di Kota Mandiri Garden City, Cakung.


Sayang, mengenai dua mal terakhir yang ditambahkan ini, AEON belum ingin berterus-terang tentang mitra bisnisnya. Termasuk, nilai investasi dan luasan lahan pusat perbelanjaan tersebut.


Berbeda dengan tiga mal lain yang terlebih dahulu dipublikasikan. Untuk pembangunan mal di BSD City dan Kota Deltamas, AEON Mall membentuk anak usaha patungan dengan Sinarmas Land. AEON Mall menguasai 67% saham dan sisanya dikempit oleh Sinarmas Land.


Sementara untuk pembangunan mal di Jakarta Garden City, AEON Mall pakai cara lain. Perusahaan  ini  memilih membeli putus lahan dari  PT Modernland Realty Tbk.


Djono berkilah belum menentukan bentuk kerjasama yang dipilih perusahaanya kelak. Dia lantas memilih berbagai informasi tentang target pembangunan AEON Mall di Cibinong yang paling cepat baru bisa direalisasikan 2015. Yang jelas, nanti AEON Mall Indonesia akan menentukan sendiri mana saja peritel yang boleh menggelar lapak di seluruh AEON Mall.


Mengutip riset Colliers International, konsultan properti, AEON Mall Cibinong memiliki luasan 20.000 meter persegi (m²). Mal ini dijadwalkan beroperasi pada tahun  2016.


Djono mengatakan, penambahan dua lokasi baru mal ini adalah bagian dari rencana besar ekspansi AEON Mall Indonesia di Tanah Air. Kata dia, AEON merencanakan membangun 20 mal di wilayah Jabodetabek sampai tahun 2023 nanti. "Setelah itu, barulah kami akan melangkah ke luar Jabodetabek tetapi masih teta[ di pulau Jawa," imbuh Djono.


Saat ini, baru AEON Mall BSD City yang pembangunan konstruksinya sudah dimulai. Kalau pembangunan berjalan sesuai rencana, mal ini siap dibuka untuk umum akhir 2014. Selanjutnya, AEON Mall Kota Deltamas dan AEON Mall Jakarta Garden City akan mulai digarap tahun 2015.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×