kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Agar bisa naik pesawat, medsos ramai jual beli surat bebas Covid-19


Jumat, 15 Mei 2020 / 07:09 WIB
Agar bisa naik pesawat, medsos ramai jual beli surat bebas Covid-19
ILUSTRASI. Batik Air telah memperkenalkan armada generasi terbaru Airbus 320-200NEO sebagai bagian upaya memberikan layanan terbaik premium services airlines.


Reporter: Azis Husaini | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. PT Garuda Indonesia Tbk dan Lion Air Group sudah kembali beroperasi. Namun, kedua maskapai ini memberikan syarat ketat bagi calon penumpang. Salah satunya adalah memiliki surat bebas Covid-19 dari rumah sakit.

Tak berlangsung lama, surat bebas Covid-19 dari RS Mitra Keluarga mulai diperdagangkan di Tokopedia. Perbincangan soal jual-beli surat ini ramai di jagak twitter.

Baca Juga: Surat bebas Covid-19 RS MItra Keluarga dijual Rp 70.000 di Tokopedia

Ernest Prakasa Komedian sekaligus Sutradara Film mengatakan sudah ada jual beli surat dinas atau surat sehat suapa bisa terbang.

Sontak, kolom komentar twitter Ernest dibanjiri netizen. Aulia misalnya mengatakan dilema, soalnya sekali rapid test Rp 800.000.

Samuel Ferky mengatakan, gue sudah prediksi sebelumnya bakal ada yang manfaatin pakai surat tugas dan dokumen kesehatan palsu.

Lalu, Vida Sasmitha, mengatakan Indonesia semua jadi bisnis. Padahal tanggung jawab tenaga kesehatan yang mengeluarkan surat sehat jadi taruhannya.

Sebelumnya, dalam pemberitaan Kompas.com disebutkan Manajemen Rumah Sakit Mitra Keluarga membantah adanya kerjasama dengan pihak lain dalam mengeluarkan surat keterangan bebas Covid-19 yang beredar di salah satu akun jual beli online.

Baca Juga: Mitra Keluarga Menuai Hasil Ekspansi, Analis Kompak Rekomendasikan Beli Saham MIKA

Dalam rekaman gambar yang viral, terlihat surat tersebut mengatasnamakan RS Mitra Keluarga Gading Serpong, Kabupaten Tangerang dengan harga Rp 70.000.

"Sehubungan dengan beredarnya pemberitaan di sosial media, maupun situs berita mengenai surat keterangan sehat yang menggunakan kop surat mitra keluarga, dengan ini kami sampaikan bahwa kami Manajemen Mitra Keluarga, tidak pernah bekerjasama dengan pihak-pihak yang memperjual belikan surat keterangan bebas covid-19," tulis pihak Manajemen RS Mitra Keluarga saat dikonfirmasi, Kamis (14/5).




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×