kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Airlangga Hartato Berharap Okupansi Hotel dan Restoran Meningkat Tahun Ini


Kamis, 09 Februari 2023 / 19:48 WIB
Airlangga Hartato Berharap Okupansi Hotel dan Restoran Meningkat Tahun Ini
ILUSTRASI. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam Konferensi Pers Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Triwulan IV Tahun 2022, Senin (6/2).


Reporter: Amalia Nur Fitri | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengharapkan, sebagian besar hotel dan restoran mengalami peningkatan okupansi dan tarif tahun ini.

Dalam pembukaan Rakernas III PHRI di Sahid Hotel  & Convention Yogyakarta, Kamis (9/2), dia juga berharap industri restoran berkembang dengan pasar makanan sehat dan vegan.

"Sektor pariwisata, khususnya di industri perhotelan dan restoran menunjukan pertumbuhan yang semakin baik. Pemulihan ekonomi terus berlanjut. Dan kita berharap koordinasi dengan seluruh stakeholder harus tetap dijaga. Kolaborasi ini merupakan strategi untuk menumbuhkan dan membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi,” kata Airlangga Hartarto saat memberikan sambutan.

Baca Juga: Menparekraf Targetkan Nilai Devisa Pariwisata Mencapai US$5,95 Miliar Tahun Ini

Secara tahunan, okupansi kamar hotel berbintang naik 5,23% dibandingkan tahun sebelumnya. Sedangkan hotel non bintang tumbuh 24,1%.

Dalam kesempatan tersebut, Airlangga juga mengajak seluruh peserta Rapat Kerja Nasional Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (Rakernas PHRI) stakeholder bisa mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional di sektor pariwisata.

Menurut dia, PHRI sebagai fasilitator memiliki peran yang dapat mendukung pertumbuhan okupansi dan kunjungan hotel serta restoran dengan upaya-upaya seperti pelatihan dan pendidikan, pemasaran, advokasi serta berjejaring (networking).

Baca Juga: PHRI: Bisnis Perhotelan Berpotensi Kecipratan Cuan di Tahun Politik

"Asosiasi bisa memanfaatkan koneksi antar bisnis untuk membantu memilih bisnis berjejaring untuk kemanfaataan. PHRI diharapkan dapat menjembatani komunikasi dan saling menginspirasi seiring upaya peningkatan dan penguatan kontribusi ke bangsa dan negara," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×