kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,29   2,96   0.33%
  • EMAS1.310.000 -0,23%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Akhir Juli, Honda Rilis Vario Anyar


Rabu, 15 Juli 2009 / 07:04 WIB


Reporter: Nadia Citra Surya |

JAKARTA. PT Astra Honda Motor (AHM) kian serius menggarap pasar skuter otomatik (skutik) di Indonesia. Akhir bulan ini, pabrikan motor asal Jepang ini bakal meluncurkan Vario varian baru.

"Bukan hanya stripping-nya yang baru tapi juga ada perubahan lain yang mendasar," ujar Julius Aslan, Direktur Pemasaran AHM kepada KONTAN kemarin (14/7). Namun, Julius enggan merinci perubahan tersebut.

Kabarnya, perbedaan mendasar Vario varian baru tersebut ada pada bodinya yang akan lebih ramping dan dinamis agar bisa bersaing dengan Yamaha Mio. Namun, varian baru itu tetap akan menyediakan variasi warna yang mirip dengan warna Vario lama.

Selain meluncurkan varian baru Vario, Honda juga akan melakukan beberapa perbaikan untuk varian Vario lama dan juga skutik Beat-nya. "Tapi perubahannya kecil saja," terang Julius.

Meski tak bersedia menyebutkan tanggal pasti, Julius memastikan skutik Vario andalannya tersebut akan turut meramaikan perhelatan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2009 pada 24 Juli mendatang. "Kami sengaja memanfaatkan momen besar tersebut untuk menghadirkan sesuatu yang baru dan menarik perhatian publik," tandas Julius. Ia tidak menolak bahwa tujuan peluncuran Vario varian baru tersebut untuk mendongkrak pangsa pasar Vario dan untuk mengejar pesaing utamanya, Yamaha Mio.

Selain dengan meluncurkan varian baru, tahun ini Honda juga akan meningkatkan kapasitas produksi skutik di pabriknya di Cikarang yang kini memproduksi 60.000 unit motor per bulan. Namun, Julius enggan menyebutkan besarnya peningkatan produksi di pabrik skutik. Ia hanya menyebutkan investasinya. "Kami kucurkan dana Rp 140 miliar untuk peningkatan kapasitas tersebut," ujar Julius.

Dengan berbagai strategi ini, Honda memasang target tinggi. "Paling tidak akhir tahun ini kami sudah bisa menyusul dan merebut peringkat pertama," ujar Sigit Kumala GM Pemasaran AHM. Dengan penjualan di semester I-2009 sebanyak 354.250 unit, Honda memang ada di urutan kedua di pasar skutik. Sementara Yamaha memimpin dengan penjualan 505.645 unit skutik.

Tak mau ketinggalan, Suzuki pun berniat meningkatkan pangsa pasarnya. Cuma, produsen motor yang kini berada di peringkat tiga ini tak mau mematok target muluk.

"Kami mengincar market share tahun ini bisa berkisar 11% hingga 13%," ujar Edy Darmawan Manager Marketing-Promotion & Dealer Development Suzuki. Saat ini Suzuki berada di peringkat ketiga pasar skutik dengan penjualan 80.518 unit di semester pertama 2009.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×