kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.481.000   3.000   0,20%
  • USD/IDR 15.703   21,00   0,13%
  • IDX 7.557   53,01   0,71%
  • KOMPAS100 1.175   9,66   0,83%
  • LQ45 939   11,90   1,28%
  • ISSI 227   0,10   0,04%
  • IDX30 484   6,37   1,33%
  • IDXHIDIV20 584   9,51   1,66%
  • IDX80 134   1,12   0,85%
  • IDXV30 142   -0,56   -0,39%
  • IDXQ30 162   1,94   1,21%

Akuisisi SECP, Chandra Asri (TPIA) Optimistis Kerek Kapasitas dan Ekspansi Global


Selasa, 08 Oktober 2024 / 13:52 WIB
Akuisisi SECP, Chandra Asri (TPIA) Optimistis Kerek Kapasitas dan Ekspansi Global
ILUSTRASI. Komplek PT. Chandra Asri Pacific Tbk (TPIA) di Cilegon, Banten. PT. Chandra Asri Pacific Tbk , selaku anak usaha PT Barito Pacific Tbk.PT Chandra Asri Pacific Tbk (Chandra Asri Group) terus memperkuat posisinya sebagai pemain utama di industri energi dan kimia.


Reporter: Leni Wandira | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA  – PT Chandra Asri Pacific Tbk (Chandra Asri Group) terus memperkuat posisinya sebagai pemain utama di industri energi dan kimia dengan langkah strategis akuisisi Shell Energy and Chemicals Park (SECP) di Singapura. Akuisisi ini akan meningkatkan kapasitas produksi dan distribusi perusahaan, sekaligus mempercepat ekspansi globalnya.

Menurut Suryandi, Direktur SDM & Urusan Korporat Chandra Asri, akuisisi SECP memungkinkan sinergi antara kilang minyak besar di SECP dengan pabrik Chandra Asri di Cilegon. Sinergi ini akan mempermudah penyediaan energi dan produk kimia yang diperlukan industri dalam negeri. 

Melalui SECP, yang merupakan salah satu kilang minyak dan pusat perdagangan terbesar di dunia, Chandra Asri Group akan menyediakan produk petroleum, termasuk bensin, bahan bakar jet, gas oil, dan bitumen untuk mendukung berbagai industri di Indonesia.

Baca Juga: Chandra Asri Pacific (TPIA) Harap Akuisisi SECP Segera Tuntas

"Dengan akuisisi ini, kami dapat mendistribusikan produk petroleum seperti bensin, bahan bakar jet, dan bitumen, sekaligus memenuhi kekurangan pasokan produk kimia di Indonesia," jelas Suryandi kepada KONTAN, Selasa (8/10).

Tidak hanya untuk pasar lokal, akuisisi ini juga dirancang untuk memperluas jangkauan Chandra Asri di pasar Asia Tenggara yang sedang berkembang. Kombinasi aset SECP dan pabrik Cilegon memungkinkan perusahaan untuk memasok produk kimia seperti ethylene, propylene, dan styrene monomers ke industri manufaktur di kawasan tersebut.

Meski akuisisi ini masih menunggu persetujuan regulator yang diharapkan rampung pada 2024, dampak positifnya terhadap bisnis Chandra Asri sudah jelas. Akuisisi ini tidak hanya akan mengoptimalkan rantai pasokan, tetapi juga akan memungkinkan perusahaan untuk mengembangkan peluang baru di pasar global, dengan dukungan inovasi teknologi dari SECP dan kolaborasi strategis dengan Glencore.

Baca Juga: Rekomendasi Saham Chandra Asri (TPIA) yang Segera Tuntaskan Akuisisi Shell Energy

Chandra Asri juga memandang SECP sebagai peluang untuk meningkatkan daya saing di pasar internasional. Dengan teknologi canggih yang dimiliki SECP, transfer pengetahuan akan terjadi, yang pada gilirannya memperkuat kedua belah pihak. 

Selain itu, inovasi dan kolaborasi yang terjalin dengan Glencore memastikan bahwa Chandra Asri akan tetap kompetitif dalam industri global. Ke depan, Chandra Asri menargetkan ekspansi lebih luas di luar Asia Tenggara. Dengan strategi integrasi aset SECP, perusahaan berencana untuk terus berinovasi dan memperluas pangsa pasarnya di pasar global.

"Kami sedang mengidentifikasi berbagai peluang untuk mengembangkan pasar dengan adanya integrasi antara aset SECP dengan operasional kami di Cilegon. Dengan didukung oleh mitra pertumbuhan kami yaitu Glencore, kami dapat terus melakukan inovasi dan tetap kompetitif di pasar global," pungkasnya.

Selanjutnya: Suku Bunga Turun, BNI Proyeksikan NII Membaik Kuartal II 2025

Menarik Dibaca: Mau Cepat Kurus? Coba Konsumsi Makanan Pengganti Nasi untuk Diet Berikut Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Eksekusi Jaminan Fidusia Pasca Putusan MK Supply Chain Management on Procurement Economies of Scale (SCMPES)

[X]
×