Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Wahyu T.Rahmawati
KONTAN.CO.ID - SHANGHAI. Ajang penjualan online terbesar yang digelar Alibaba Group untuk memperingati hari jomblo alias single day sukses membawa kemeriahan. Ajang bertajuk 11.11 Global Shopping Festival tahun ke-10 yang digelar mulai dini hari tadi sukses mencatatkan rekor transaksi
Dalam 16 jam, terhitung pukul 00.00 waktu Shanghai hingga pukul 16.00, Alibaba berhasil mencatakan gross merchandise value (GMV) sebesar RMB 168,99 miliar atau setara Rp 356 triliun.
Total transaksi Alibaba dalam festival belanja tersebut telah melampaui total transaksi yang dicatatkan pada festival yang sama tahun 2017 yang hanya mampu meraup RMB 168,2 miliar.
Alibaba memnag telah menyulap festival 11.11 tahun 2018 ini menjadi ajang yang sangat glamor atau mewah, global, dan digital. Dalam ajang ini, perusahaan e-commerce raksasa ini menawarkan diskon untuk menarik konsumen masuk ke platform mereka serta menawarkan pengalaman belanja yang berbeda.
Jet Jing, President of Tmall mengatakan, yang membedakan festival 11.11 dengan festival lainnya adalah adanya pemanfaatan strategi dan inovasi teknologi new retail untuk mendefiniskan pengalaman dalam perdagangan baik untuk penjualan maupun pembeli dalam ekosistem Alibaba.
"Saya sangat gembira menonton persiapan Festival 11.11 Global Shopping ini. Semua digital ekosistem bisnis kita asa disini," kata Jet saat hitung mundur dimulainya penyelengaraan Festival 11.11 di Shanghai, Sabtu (10/11).
Dalam beberapa jam menjelang perhelatan 11.11 Global Shopping Festival, platform streaming video milik Alibaba yakni Youku menggelar acara gala hitung mundur keempat untuk merayakan peluncuran festival belanja daring tersebut.
Para penonton bisa menyaksikan gala secara langsung melalui Youku, serta di dua stasiun TV terkemuka di Tiongkok. Tahun ini, gala menghadirkan penampilan artis-artis internasional seperti Miranda Kerr, Mariah Carey,dan atraksi dari Cirque du Soleil.
Seperti diketahui Festival 11.11 Global Shopping dimulai pada tahun 2009 dan hanya ada 27 pedagang yang berpartisipasi dalam acara tersebut. Pada saat itu, festival belanja diadakan untuk memperkenalkan dan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap nilai jual belanja daring.
Sementara tahun 2017, lebih dari 140.000 merek dan penjual berpartisipasi dalam acara festival belanja globa lini. Para pelangga menghabiskan RMB 168,2 miliar dalam kurun waktu 24 jam. Adapun festival tahun 2018 ini, sebanyak 180.000 merek China dan seluruh dunia akan berpartisipasi.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News