kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.013,51   -2,48   -0.24%
  • EMAS932.000 0,22%
  • RD.SAHAM -1.07%
  • RD.CAMPURAN -0.35%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.08%

Alokasikan Capex Rp 294 Miliar, Berikut Strategi Bisnis Astra Graphia (ASGR)


Minggu, 13 Februari 2022 / 18:58 WIB
Alokasikan Capex Rp 294 Miliar, Berikut Strategi Bisnis Astra Graphia (ASGR)
ILUSTRASI. Astra Graphia (ASGR) menyatakan tahun ini menyiapkan dana capex senilai Rp 294 miliar yang dialokasikan untuk keperluan bisnis inti.


Reporter: Amalia Nur Fitri | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten Grup Astra PT Astra Graphia Tbk (ASGR) menyatakan tahun ini menyiapkan dana capex senilai Rp 294 miliar yang dialokasikan untuk keperluan bisnis inti. Dana capex ini berasal dari dana internal dan juga eksternal.

"Proyeksi capex tahun 2022 adalah sebesar Rp 294 miliar di mana sebagian besar akan dialokasikan untuk kebutuhan bisnis inti dan sisanya untuk keperluan internal perusahaan. Sumber dana capex berasal dari internal namun tidak menutup kemungkinan dari eksternal," kata Chief of Corporate Secretary, Legal, dan Corporate Communications Astragraphia Melinda Pudjo kepada Kontan.co.id, Minggu (13/2).

Lebih lanjut, ASGR memandang bisnis printing dan digital service tahun ini juga akan bertumbuh walau pihaknya tidak menyebutkan proyeksi pertumbuhan yang diharapkan.

Baca Juga: Seimbangkan Aspek ESG, Begini Strategi Keberlanjutan Usaha Astra Graphia (ASGR)

ASGR menyebut bahwa bisnis Astra Graphia akan dikatrol pula oleh pertumbuhan industri teknologi informasi. Hal ini dilihat pula dari prediksi International Data Corporation (IDC) bahwa pertumbuhan enterprise IT spending di Indonesia akan bertumbuh dengan rata-rata 7% (CAGR 2019-2025) dengan pertumbuhan IT Services yang mencapai 23%. Hal ini didorong oleh penerapan kebiasaan baru yang terakselerasi pasca pandemi.

"Pola kerja remote dan hybrid memang berpotensi menurunkan volume cetak di perkantoran, namun secara bersamaan juga memberikan peluang bisnis untuk managed print services, integrasi printing dan cloud, intelligent digital workspace dan otomatisasi proses kerja. Alokasi pengeluaran untuk cloud dan IT security sendiri diprediksi mengalami kenaikan," sambung Melinda.

Ia menilai, fakta tersebut membuat pihaknya semakin optimis bahwa industri printing dan digital services akan memberikan peluang bisnis yang baik bagi ASGR di tahun 2022. Oleh karena itu, serangkaian kebijakan strategis telah diambil perusahaan untuk menangkap peluang tersebut.

Baca Juga: Simak Strategi Astra Graphia (ASGR) Arungi Bisnis pada Tahun Ini

Adapun langkah yang diambil oleh ASGR dalam menangkap peluang di lini bisnisnya antara lain adalah mengoptimalkan keuntungan melalui penguatan fundamental bisnis dan kepemimpinan pasar dan memperkuat kualitas layanan dan daya saing di area printing dan digital untuk menjadi mitra pilihan.

Astra Graphia juga akan mendorong pertumbuhan inisiatif baru melalui produk dan layanan printing dan digital sembari memperkuat kompetensi sumber daya manusia melalui peningkatan kemampuan (upskilling) dan pelatihan kemampuan baru (reskilling) untuk memenuhi kebutuhan bisnis baru. Melinda menambahkan, pihaknya juga tak lupa memperkuat kontribusi sosial untuk pembangunan berkelanjutan yang berfokus pada empat pilar utama yaitu Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan, dan Kewirausahaan.

Mengenai target pertumbuhan pendapatan dan laba, ASGR mengatakan jika banyaknya hal yang tidak dapat dikontrol, membuat pihaknya enggan membeberkan angka secara pasti. Namun demikian, pihaknya percaya diri jika bisa mencapai pertumbuhan berkelanjutan tahun ini.

"Tentunya ada begitu banyak faktor yang mempengaruhi proyeksi target pertumbuhan dan laba, terutama terkait faktor eksternal yang tidak dapat kami kontrol. Pada prinsipnya, kami telah menetapkan beberapa langkah strategis untuk dapat tetap relevan dan mampu mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan dari tahun ke tahun. Kami selalu optimis dan mengupayakan yang terbaik untuk pertumbuhan pendapatan ASGR," pungkas dia.

Baca Juga: Astragraphia (ASGR) luncurkan produk FujiFilm Business Innovation

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Digital Marketing in New Normal Era The Science of Sales Management

[X]
×