kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Anak usaha Astra Group ujicoba sistem tol Tangerang-Merak tanpa sentuh


Jumat, 09 Agustus 2019 / 16:16 WIB
Anak usaha Astra Group ujicoba sistem tol Tangerang-Merak tanpa sentuh

Reporter: Azis Husaini | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. PT Marga Mandalasakti (MMS) melakukan uji coba sistem pembayaran tanpa sentuh di ruas jalan tol Tangerang-Merak. Pada tahap pertama, uji coba diberlakukan di empat gerbang tol (GT).

"Uji coba sudah diberlakukan Serang Timur, Serang Barat, Cikupa dan Cikande, masing-masing satu lajur," kata Presiden Direktur PT MMS Krist Ade Sudiyono di Serang, Kamis (8/8).

Baca Juga: Siap siap bayar tol kini pakai sensor, Dirut Jasa Marga: Isi saldonya pakai LinkAja

Uji coba sistem pembayaran tanpa sentuh tersebut menggunakan sistem Single Line Free Flow (SLFF) dimana pengguna kendaraan bisa langsung melewati gerbang tol tanpa proses tap kartu.  Pengguna kendaraan yang melintas di GT ini, sebelumnya harus memiliki sebuah alat yang diletakkan di dalam mobil atau on board unit (OBU).

Alat inilah yang kemudian akan dibaca oleh sensor yang terpasang di lajur khusus LSFF. Serupa dengan e-toll card, alat ini juga berfungsi sebagai alat pembayaran. Oleh karena itu, pengendara yang melintas harus memiliki saldo OBU yang cukup.

"Sebelumnya kita hanya uji coba berfungsi atau tidak alatnya, tapi sekarang ada peningkatan ke sistem pembayaran, sudah bisa menggunakan e-money atau e-wallet," kata dia. 

Ade mengatakan, jika sistem ini sudah diterapkan, bisa menghemat waktu berkendara di jalan tol lantaran mampu mengurangi antrian kendaraan di gerbang tol. Dengan sistem LSFF, kata dia, kendaraan bisa tetap melaju di gerbang tol dengan kecepatan maksimal 40 kilometer per jam. 

"Jadi tidak ada berhenti-berhenti lagi, kan kalau pakai kartu harus tap, dan ini bisa berhenti beberapa detik, artinya ada antrian di belakang," kata dia.

Jika uji coba ini berlangsung lancar, kata Ade, penerapan sistem ini secara resmi akan dilakukan pada 2020 mendatang di empat gerbang tol tersebut.

"Tapi dalam pelaksanaannya dibutuhkan kesiapan tidak hanya dari pihak pengelola jalan tol saja, namun juga kesiapan dari masyarakat untuk beralih dari sistem manual dan otomatis menuju sistem free flow," kata dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tol Tangerang-Merak Uji Coba Sistem Pembayaran Tanpa Sentuh, Ini Cara Kerjanya", 

Penulis : Kontributor Banten, Acep Nazmudin




TERBARU

Close [X]
×