kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45936,50   8,15   0.88%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Anak usaha Musim Mas dorong peningkatan produktivitas perkebunan sawit rakyat


Kamis, 11 Juni 2020 / 19:54 WIB
Anak usaha Musim Mas dorong peningkatan produktivitas perkebunan sawit rakyat
PT Siringo-ringo, anak usaha Musim Mas Group berkomitmen membantu petani untuk menjalankan Program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) sebagai upaya meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan petani.


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Untuk mendorong suksesnya program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR), anak usaha Musim Mas Group yakni PT Siringo-Ringo membantu para petani menjalankan program PSR. Dengan bantuan ini diharapkan para petani dapat meningkatkana produktivitas kebun sawit mereka.

Hal ini ditunjukkan melalui kegiatan penanaman perdana PSR bersama bersama Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Mekar, Desa Tanjung Siram, Kecamatan Bilah Hulu, Kabupaten Labuhanbatu melaksanakan Launching  penanaman perdana program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) pada Rabu (10/6).

Baca Juga: Cisadane Sawit Raya (CSRA) Prioritaskan Bisnis di Dalam Negeri

“PT Siringo-ringo menjadi mitra peserta Gapoktan Mekar dalam penanaman sawit sampai tanaman menghasilkan,” ujar Perwakilan PT Siringo-Siringo, Siswando, dalam katerangannya, Kamis (11/6).

Ia menuturkan, PSR ini dijadwalkan akan memerlukan waktu antara 30-49 bulan dari mulai penanaman sampai kegiatan panen pertama. Setelah itu, barulah petani akan memperoleh hasil TBS sawit.

Rudman Simanjuntak, Manager of Independent Smallholder Musim Mas menjelaskan bahwa PT Siringo-Ringo bertindak sebagai mitra atau offtaker Gapoktan Mekar dalam program PSR ini.

Perusahaan menjadi jembatan penghubung antara petani dengan stakeholder seperti pemerintah dan perbankan.

Baca Juga: Laba bersih Cisadane Sawit Raya (CSRA) kuartal I 2020 meloncat 328,19%

Bentuk dukungan ini adalah membantu penyiapan  surat permohonan terkait PSR yang ditujukan ke instansi pemerintah, membantu akses ke pemerintah daerah (Dinas Pertanian Labuhanbatu) untuk proses pendaftaran PSR ke Ditjenbun dan BPDPKS, pencairan dana PSR dan pengajuan KUR ke perbankan untuk biaya replanting, serta membantu petani agar dapat menerapkan manajemen dan praktek perkebunan yang baik.




TERBARU

[X]
×