kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45949,49   17,94   1.93%
  • EMAS929.000 0,43%
  • RD.SAHAM 0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.15%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.20%

Anak usaha Wijaya Karya (WIKA) ekspor 3.600 set komponen mobil ke Thailand


Jumat, 01 Oktober 2021 / 14:41 WIB
Anak usaha Wijaya Karya (WIKA) ekspor 3.600 set komponen mobil ke Thailand
ILUSTRASI. PT Wijaya Karya Industri & Konstruksi (WIKA IKON)

Reporter: Dimas Andi | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Entitas Anak PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA) yaitu PT WIKA Industri dan Konstruksi (WIKA IKON) kembali mengirimkan komponen mobil produksi anak bangsa ke Thailand.

Sebanyak kurang lebih 3.600 set komponen mobil berupa Roof Rack Set yang diproduksi pabrik Plastic, Pressing, & Casting (PPC) WIKA IKON telah memasuki pengiriman keempat ke ITOCHU, Thailand pada medio September 2021. Produk-produk tersebut akan diaplikasikan pada bagian kerangka atap mobil Toyota Fortuner produksi Toyota Motor Thailand.

Sekretaris Perusahaan WIKA Mahendra Vijaya menuturkan, dipercayanya WIKA IKON oleh ITOCHU sebagai eksportir produk komponen mobil ini didasarkan atas jalinan kerja sama yang baik antara WIKA IKON dan ITOCHU dalam melakukan Product Development Design secara jangka panjang dan mengacu pada kualitas produk yang telah teruji dengan sangat baik.

“Harapannya atas ekspor ini menjadi tolak ukur atas sebuah optimisme WIKA IKON dalam menghasilkan produk-produk Part Automotive berkualitas yang diakui dunia," terang Mahendra dalam siaran pers di situs Kementerian BUMN, Kamis (30/9).

Rencana pengiriman komponen ini secara keseluruhan terbagi dalam 6 Batch. Batch pertama, kedua dan ketiga masing-masing telah dilaksanakan pada bulan Maret, Mei, dan Juli 2021 lalu.

Selain berhasil melakukan ekspor, WIKA IKON kini juga sudah menguasai 100% saham produsen sepeda motor listrik Gesits. Hal itu ditandai dengan diakuisisinya 10,66% saham milik PT Gesits Technologies Indonesia (GTI) pada PT Wijaya Karya Industri Manufaktur (WIMA) yang merupakan perusahaan patungan manufaktur motor listrik Gesits antara WIKA IKON dan GTI.

Baca Juga: Wijaya Karya (WIKA) masih mengejar kontrak baru senilai Rp 22 triliun

Mahendra dalam laporan keterbukaan informasi yang disampaikan kepada Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa (28/9), mengatakan bahwa transaksi jual-beli tersebut telah berlangsung pada 24 September 2021.

Untuk mengakuisisi 6.800 lembar saham atau setara 10,66% saham yang ditempatkan dan disetor di WIMA tersebut, WIKA IKON menggelontorkan dana sebesar Rp 36,5 miliar. "Usai transaksi ini, WIKA IKON menjadi pemegang 100% saham WIMA." terangnya.

Gesits sendiri merupakan kendaraan listrik yang mengandalkan motor listrik bertenaga 6,7 Dk dan torsi 30 Nm yang mendapat daya listrik dari baterai berkapasitas 1.396 Watt. Dalam keadaan penuh, motor ini bisa menjelajah hingga 50 km.

Pengisian baterainya dapat dilakukan dengan 2 cara, yakni normal charging yang mengambil daya listrik sebesar 350 wH dan fast charging 450 wH. Dalam mode normal, kecepatan pengisiannya membutuhkan waktu sekitar 4-5 jam, sedangkan pengisian cepat 3-4 jam.

Terdapat 3 macam mode berkendara yang ditawarkan Gesits, yakni mencakup Eco, Urban, dan Sport. Masing-masing menawarkan kecepatan puncak dan jarak tempuh berbeda. Misalnya, tipe Sport bisa melaju hingga 60-70 km per jam.

Selanjutnya: Anak Usaha WIKA Resmi Kuasai 100% Saham Produsen Motor Listrik Gesits

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×