kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Aneka Tambang (ANTM) Optimistis Kinerja Meningkat Tahun Ini


Senin, 18 Maret 2024 / 07:20 WIB
Aneka Tambang (ANTM) Optimistis Kinerja Meningkat Tahun Ini
ILUSTRASI. PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) optimistis kinerja akan meningkat di tahun ini di tengah tren kenaikan harga emas.


Reporter: Diki Mardiansyah | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) optimistis kinerja akan meningkat di tahun ini di tengah tren kenaikan harga emas. 

Anggota BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID ini akan memanfatkan kenaikan harga emas untuk meningkatkan kinerja.

Sekretaris Perusahaan PT Aneka Tambang Tbk Syarif Faisal Alkadrie mengatakan, sebagai salah satu instrumen investasi yang memiliki sifat lindung nilai (safe haven), emas menjadi banyak pilihan masyarakat dalam berinvestasi.

Bagi ANTM, kata Faisal, emas adalah komoditas yang menjadi kontributor terbesar penjualan ANTM, seperti yang tercermin pada capaian kinerja periode Januari – September 2023 di mana emas menyumbang 62% terhadap total penjualan perusahaan.

Baca Juga: Tahun Ini, Antam (ANTM) Targetkan Produksi Feronikel 22.464 TNi

"Melihat kondisi tersebut dan tren kenaikan harga emas saat ini, kami meyakini tahun ini emas akan menjadi komoditas yang memberikan kontribusi signifikan pada kinerja kami secara keseluruhan," kata Faisal kepada KONTAN, Jumat (15/3).

Menurut Faisal, hal ini juga didukung dengan konsistensi ANTM dalam peningkatan nilai tambah produk emas logam mulia melalui berbagai inovasi dan penguatan pasar terutama di dalam negeri yang menjadi pasar utama produk emas logam mulia ANTAM. 

Ia menjelaskan, pada tahun 2024, ANTM menargetkan optimalisasi kinerja di mana untuk penjualan emas diharapkan akan mencapai 37,35 ton, naik 43% dari capaian penjualan unaudited emas tahun 2023 sebesar 26,13 ton.

"Di tahun ini, kami kembali memfokuskan pasar domestik sebagai target market produk logam mulia perusahaan," ujar Faisal.

Selain fokus pada segmen domestik, Faisal menyampaikan bahwa ANTAM terus memperluas layanan transaksi penjualan emas melalui berbagai kanal penjualan seperti website www.logammulia.com, e-comerce resmi perusahaan, jaringan Butik Emas Logam Mulia ANTAM, serta kegiatan pameran. 

Baca Juga: Saham ANTM Bisa Tembus Level Rp 1.800, Simak kata Analis

Selain itu, ANTM juga melakukan inovasi dan diversifikasi produk logam mulia. Yang terbaru perusahaan mengeluarkan emas tematik seri Idulfitri 1445 H yang hadir dala betuk emas batangan 5 gram, serta gift series 0,5 gram dan 1 gram. 

Ia menambahkan, ANTM meyakini bahwa pada prinsipnya investasi emas dapat dilakukan kapan saja, termasuk ketika harga emas mengalami kenaikan. 

ANTM tetap melakukan optimalisasi produksi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat karena pada dasarnya secara jangka panjang investasi emas tetap menjanjikan sehingga masyarakat tidak perlu merasa khawatir untuk melakukan investasi emas ketika harga sedang mengalami kenaikan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×