kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45921,46   1,15   0.12%
  • EMAS1.343.000 -0,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Anggarkan Capex Rp 880 Miliar, Greenfields Bakal Bangun Peternakan Baru


Senin, 05 Juni 2023 / 06:08 WIB
Anggarkan Capex Rp 880 Miliar, Greenfields Bakal Bangun Peternakan Baru
ILUSTRASI. Pabrik susu PT Greenfields Dairy Indonesia di Malang, Jawa Timur yang anggarkan capex Rp 880 miliar di tahun ini


Reporter: Diki Mardiansyah | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Greenfields Dairy Indonesia (Greenfields Indonesia) bakal membangun peternakan baru di sekitar Malang, Jawa Timur. Greenfields menganggarkan total senilai Rp 880 miliar untuk capital expenditure (capex) atau belanja modalnya di tahun ini.

Head of Manufacturing Greenfields Indonesia Darmanto Setiawan mengatakan, perusahaan menyiapkan anggaran sebesar Rp 750 miliar untuk membangun fasilitas peternakan ketiganya.

Saat ini, perusahaan telah memiliki dua peternakan yang terletak di lereng Gunung Kawi, Kabupaten Malang dengan luas 45,59 Ha, dan di Kabupaten Blitar, Jawa Timur dengan luas 168,63 Ha.

"Investasi untuk membangun farm 3 itu senilai Rp 750 miliar," kata Darmanto saat ditemui di pabrik Greenfields di Malang, Jawa Timur, Selasa (30/5).

Selain itu, perusahaan juga bakal menambah fasilitas kandang di dua peternakan yang telah beroperasi di Lereng Gunung Kawi Malang dan di Gresik.

Baca Juga: Greenfields Tegaskan Peternakan Miliknya Bebas PMK

Penambahan fasilitas dengan anggaran Rp 115 miliar ini dilakukan lantaran setiap tahunnya ada penambahan sapi sebanyak 4% sampai dengan 5% dari indukan yang baru melahirkan.

Dari segi manufaktur atau pabrik, Darmanto juga bilang pabrik membutuhkan dana senilai Rp 15 miliar untuk menyelesaikan penambahan alat yang diadakan dari tahun lalu.

Darmanto enggan menyebutkan target penyelesaian pembangunan peternakan ketiga yang akan dibangun untuk menyuplai pabrik di Malang.

"Kami sudah menyiapkan tanah, tapi belum mulai konstruksi," ujar dia.

Untuk diketahui, dari segi kapasitas, dari dua peternakan Greenfields yang berada di Malang dan di Blitar menghasilkan sebanyak 280 ton susu per harinya. Kapasitas produksi pabrik Greenfields telah mencapai mencapai 450 ton.

Saat ini, Greenfields memiliki lebih dari 19.000 sapi perah dengan persentase 50% sapi produktif. Produktivitas sapi tertingginya mencapai 34 liter susu setiap harinya. Total susu segar dalam negeri (SSDN) yang dihasilkan di peternakan Greenfield bisa mencapai 97.000 ton setiap tahunnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×