kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.520.000   12.000   0,80%
  • USD/IDR 15.880   50,00   0,31%
  • IDX 7.196   54,65   0,77%
  • KOMPAS100 1.104   9,46   0,86%
  • LQ45 877   10,80   1,25%
  • ISSI 221   0,74   0,34%
  • IDX30 449   6,10   1,38%
  • IDXHIDIV20 540   5,33   1,00%
  • IDX80 127   1,26   1,00%
  • IDXV30 135   0,57   0,43%
  • IDXQ30 149   1,56   1,06%

Antisipasi Lonjakan Pengiriman Barang Momen Puasa dan Lebaran, Ini Kesiapan PosIND


Kamis, 21 Maret 2024 / 14:44 WIB
Antisipasi Lonjakan Pengiriman Barang Momen Puasa dan Lebaran, Ini Kesiapan PosIND
ILUSTRASI. Petugas mendata dan menyortir paket barang kiriman sebelum didistribusikan melalui PT Pos Indonesia (Persero) di Kantor Pos Lhokseumawe, Aceh, Senin (25/4/2022). Petugas pos setempat menyebutkan, pengiriman paket pos sejak April 2022 mengalami peningkatan jumlah sebesar 70 persen dan diprediksi terus mengalami lonjakan pengiriman hingga lebaran 2022. ANTARA FOTO/Rahmad/aww.


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PosIND telah mempersiapkan strategi guna mengantisipasi lonjakan pengiriman barang atau logistik di bulan suci Ramadan dan Idul Fitri nanti, khususnya bagi masyarakat yang kerap berbelanja daring (online).

Direktur Bisnis Kurir dan Logistik Pos Indonesia Tonggo Marbun mengatakan, kebutuhan-kebutuhan seperti pakaian, F&B, dan beauty products biasanya masyarakat cenderung lebih memilih belanja melalui chanel online, baik itu di e-commerce, sociocommers, maupun live commers. Bahkan 30 hingga 40 persen sudah terjadi lonjakan pengiriman logistik di pekan pertama Ramadan. 

Baca Juga: Link Pendaftaran dan Syarat Program Mudik Gratis PT Pos Indonesia

Menurut catatan PosIND, lebih dari 40 persen kenaikan transaksi terjadi di bulan Ramadan sampai lebaran nanti. Selain berbelanja kebutuhan, pengiriman parsel atau hadiah bingkisan lebaran juga alami peningkatan dengan lonjakan lebih dari 50 persen setiap tahunnya.

Untuk mengantisipasi lonjakan pengiriman tersebut, PosIND berkomitmen memberikan layanan yang prima.

PosIND akan mensiagakan armada dan pasukan Orangernya guna melayani konsumen selama tujuh hari seminggu tanpa adanya hari libur.

“Tentunya sebagai perusahaan penyedia jasa kurir logistik, dan keuangan bahkan, kami berkomitmen memberikan layanan prima menjelang datangnya hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah ini, mungkin ada libur lebaran dan libur bersama, untuk memenuhi kebutuhan tersebut kami tetap buka, kami tetap beroperasi dan melayani kurir dan logistik, serta layanan jasa keungan di loket-loket kami.” ujar Tonggo dalam keterangan resminya, Kamis (21/3).

Tonggo juga mengungkapkan bahwa pengiriman logistik PosIND sudah mulai menyebar ke berbagai daerah, walau secara signifikan baru terjadi di pulau-pulau padat seperti di Jawa dan Sumatera.

Baca Juga: Posind Memacu Kinerja Lima Portofolio Bisnis

Dia juga menambahkan jika kenaikan pengiriman logistik sudah mulai terjadi di Sulawesi, khususnya Makassar, NTB, serta beberapa daerah lainnya yang mayoritas warganya merayakan Ramadan dan lebaran.

“Dari kesiapan ini tentunya ini juga peluang bagi kami untuk menambah volume bisnis kami, jadi dengan beberapa program, misalnya program discount kemudian beberapa program yang esensinya jemput bola ke pusat belanja atau ke UMKM, jadi promo-promo lebaran, promo pengiriman kami manfaatkan di samping operasi kami,” pungkasnya.

Sebagai informasi, PosIND juga telah melakukan transformasi dalam operasinya, salah satunya dengan menggunakan Robotik Sortir yang mempermudah dan mempercepat proses pengiriman, khususnya di peak season seperti Ramadan dan Idul Fitri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×