kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Antisipasi puasa, Jaya Ancol bikin promo diskon


Rabu, 25 Juli 2012 / 08:40 WIB
Antisipasi puasa, Jaya Ancol bikin promo diskon
Tenda darurat yang dijadikan IGD (Instalasi Gawat Darurat) di Rumahsakit Umum Daerah (RSUD) Bekasi, Jawa Barat, Jumat (25/6) imbas lonjakan corona. ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/aww.


Reporter: Albertus M. Prestianta | Editor: Dupla Kartini

JAKARTA. PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk tetap mengadu peruntungan selama bulan puasa. Pengelola Taman Impian Jaya Ancol ini menyiapkan strategi demi mengantisipasi penurunan pendapatan selama puasa, dengan meluncurkan promo Ramadan.

Corporate Communication Jaya Ancol, Metty Yan Harahap menuturkan, promo Ramadan diadakan untuk memaksimalkan kunjungan selama puasa. Maklum, selama puasa pengunjung yang datang diperkirakan akan turun. "Promo khusus ini menyasar warga Jakarta yang hendak menghabiskan waktu atau ngabuburit sambil menunggu berbuka puasa," ujar Metty, Selasa (24/7).

Ancol menawarkan promo diskon sebesar 50% untuk beberapa wahana rekreasi. Diskon ini akan berlangsung selama sebulan. Program ini sudah dimulai sejak 16 Juli 2012 dan akan berakhir pada 16 Agustus mendatang.

Para pengunjung cukup mencetak flyer yang bisa didapat di website Ancol, dan menunjukkan flyer itu di setiap loket masing-masing wahana. Wahana yang termasuk dalam program diskon ini, antara lain Dufan, Atlantis, dan Samudra Jaya Ancol.

"Dengan adanya promo lebaran itu, kalaupun pendapatan kami berkurang, tidak akan turun drastis dalam sebulan itu," ungkap Metty.

Meskipun selama bulan puasa tingkat kunjungan diprediksi turun, namun Metty tetap optimistis, jumlah pengunjung akan kembali meningkat mendekati lebaran.

Tak heran, dia memprediksi, kuartal ketiga akan tetap menjadi peak season atau puncak pendapatan Jaya Ancol. "Musim liburan sekolah dan lebaran tahun ini berdekatan, tidak seperti tahun sebelumnya. Makanya, kuartal ketiga bakal jadi peak season," ungkap Metty.

Ekspansi ke luar Ancol

Jaya Ancol juga memaksimalkan bisnis rekreasi dengan menggenjot pengembangan MICE (meeting, incentive, convention, exhibition). Salah satunya melalui pendirian Convention Center di kompleks Ancol. "Pembangunannya sudah rampung, dan telah beroperasi sejak pertengahan tahun ini," kata Metty.

Di samping itu, perseroan berencana mengembangkan Music Stadium, Multifunction Hall, dan hotel bintang empat, antara lain di Putri Duyung Cottage dan Ocean Ecopark.

Di luar fasilitas MICE, Jaya Ancol juga akan membenahi fasilitas pendukung untuk mempercantik Ancol. Kata Metty, pihaknya berencana mengembangkan kawasan pantai sebagai kekuatan utama aktivitas wisata bahari dengan inovasi produk bertipe sportainment. Selanjutnya, Jaya Ancol juga akan mengintegrasikan destinasi wisata di Pulau Bidadari, Kepulauan Seribu dan Pantai Marina.

Perusahaan pun akan memperluas lahan melalui reklamasi pantai di Ancol Timur seluas 120 hektare (ha).

Ekspansi perusahaan berkode saham PJAA ini tak terbatas di kawasan Ancol. Menurut Metty, pihaknya telah membidik akuisisi lahan seluas 30 ha untuk membangun taman rekreasi di kawasan Cibodas, Puncak. Perusahaan sudah menyiapkan dana Rp 50 miliar untuk membangun taman rekreasi itu.

Jaya Ancol juga akan membangun satu taman rekreasi di Jawa Tengah seluas 15 ha-30 ha. Pembangunan diperkirakan mulai awal 2013.

Tahun ini, perusahaan membidik 15,5 juta pengunjung taman rekreasi, atau meningkat 3,4% dari realisasi tahun lalu. Adapun, target pendapatan yang dibidik mencapai Rp 1,28 triliun, naik 37,3% dari realisasi tahun lalu.

Hingga saat ini, 70% pendapatan Jaya Ancol masih berasal dari segmen rekreasi. Hanya saja, Metty enggan buka-bukaan soal kinerja di semester I 2012. Sebagai gambaran, pada kuartal I 2012, Jaya Ancol baru mengumpulkan pendapatan Rp 202 miliar, atau setara 15,78% dari target tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×