kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

AP II resmi kelola jasa Bandara Internasional Jawa Barat


Senin, 22 Januari 2018 / 21:14 WIB
AP II resmi kelola jasa Bandara Internasional Jawa Barat
Bandara Husein Sastranegara, Bandung


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Dessy Rosalina

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Angkasa Pura II (AP II) menandatangani Perjanjian Kerjasama (PKS) Penyelenggaraan Jasa Kebandarudaraan di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) bersama dengan Pemerintah provinsi Jawa Barat pada hari ini, Senin (22/1).

Penandatanganan PKS tersebut dilakukan oleh President Director AP II Muhammad Awaluddin, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dan Direktur Utama BIJB Virda Dimas Ekaputra yang disaksikan oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas Bambang Brodjonegoro dan Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat Ineu Purwadewi Sundari.

Ditandatanganinya PKS tersebut merupakan tindak lanjut dari framework commitment dan nota kesepahaman (memorandum of understanding) yang telah ditandatangani bersama dengan BIJB pada bulan Juli 2017 silam. Yang akan menempatkan AP II sebagai operator atau pengelola Bandara Internasional Jawa Barat untuk melaksanakan kerjasama operasi (KSO) Penyelenggaraan Jasa Kebandarudaraan, termasuk pengoperasian dan pemeliharaan terhadap bandara selama jangka waktu perjanjian.

President Director AP II mengatakan, dengan penandatanganan perjanjian itu pihaknya akan mengoperasikan seluruh aset sisi darat dari BIJB termasuk terkait dengan Pelayanan Jasa Kebandarudaraan dan Pelayanan Jasa Terkait Bandara.

"Intinya secara keseluruhan operasional BIJB akan dilaksanakan oleh AP II dan kami yakin kehadiran kami dapat berkontribusi meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional dan daerah setempat." kata Awaluddin dalam keterangan resminya, Senin (21/1).

Jangka waktu kerjasama operasi ini akan terjalin dan berlaku selama 17 tahun di mana AP II akan mengelola BIJB sampai dengan tahun 2035 dengan kepemilikan saham korporasi antara 25%-49%.

Usai penandatanganan PKS tersebut, rencana selanjutnya AP II akan membentuk Tim Operation Readiness and Airport Transfer (ORAT) bersama dengan BIJB dan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan. Nantinya Tim itu akan bertugas untuk mengatur persiapan pra-operasi bandara guna memastikan kesiapan operasional bandara, termasuk melakukan inventarisasi aset dan due diligence yang diperlukan.

Setelah penandatangan tersebut, AP II akan fokus pada 3 hal. Pertama, melakukan percepatan penyelesaian konstruksi proyek. Kedua, percepatan operasi bandara untuk mendukung Penerbangan Angkutan Haji pada Juni 2018. Dan terakhir, melakukan penambahan perpanjangan landas pacu dari 2500 m x 60 m menjadi 3000 m x 60 m.

Dalam pengoperasian tahap awal, BIJB memiliki terminal berkapasitas 5 juta penumpang per tahun dan direncanakan akan dikembangkan kapasitas ultimate-nya untuk dapat melayani 18 juta penumpang per tahun.

“Nantinya di BIJB juga akan kami implementasikan dan tingkatkan soft infrastructure seperti bandara AP II lainnya dalam memberikan pelayanan kepada penumpang dalam program Smart Airport untuk meningkatkan customer experience melalui aplikasi mobile dan mengefisiensikan kegiatan operasional bandara dengan membangun infrastruktur digital di BIJB.

Salah satunya adalah dengan penggunaan aplikasi mobile INDONESIA AIRPORTS dan juga aplikasi operasional iPERFORM," pungkas Awaluddin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×