kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45989,59   -6,37   -0.64%
  • EMAS998.000 -0,60%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

APKI Kawal Pengembangan Industri Pulp dan Kertas Berbasis ESG


Senin, 21 Maret 2022 / 21:29 WIB
APKI Kawal Pengembangan Industri Pulp dan Kertas Berbasis ESG
ILUSTRASI. Pengurus APKI


Reporter: Tendi Mahadi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Asosiasi Pulp (Bubur Kertas) dan Kertas Indonesia (APKI) berupaya mengawal pengembangan industri pulp dan kertas untuk terus bisa berdaya saing dalam tingkat nasional, regional dan internasional melalui peningkatan awareness terhadap isu-isu yang tengah berkembang di dunia dan masyarakat, termasuk dalam hal memenuhi berbagai instrumen dalam aspek Lingkungan, seperti Sosial dan Tata Kelola (ESG).

Dalam rangka mempersiapkan garis besar kebijakan organisasi dan peningkatan awareness terhadap isu ESG, APKI mengadakan agenda seminar internasional bertajuk “Promoting ESG Based Competitiveness of Pulp and Paper Industry: A Lesson Learned From International Point of View” dengan pembicara para ahli dari dalam dan luar negeri.

Seperti dari Kementerian Perindustrian, akademisi ITB, lembaga Think Tank PT Life Cycle Indonesia, Fastmarkets RISI, AFRY yang juga didukung oleh mitra APKI yakni Kedutaan Amerika Serikat di Jakarta dan Kedutaan Finlandia di Jakarta.

Seminar Internasional yang merupakan rangkaian acara - Pre Kongres APKI 2021 ini - membahas ESG dari berbagai sudut pandang, baik dari sisi kegiatan ekonomi perdagangan, ekonomi sirkular, pemanfaatan limbah, perhitungan karbon, sertifikasi lingkungan dan lainnya.

Baca Juga: Kinerja Tahun 2021 Melesat, AVIA Komitmen Terapkan Bisnis Keberlanjutan

Tema ataupun topik yang diusung pada tiap sesi diskusi Seminar Internasional ini diantaranya adalah International Trade Proposals Affecting the Industry, Market Outlook for Recovered Paper and Its Management in China, Assessment to advance on Carbon Emission Calculation for Pulp and Paper Industry, dan The Role of LCA as a Beyond Compliance PROPER Criteria in Achieving ESG and Carbon Market.

Kemudian ada pula Southeast Asian Market Outlook and Competitiveness for Paper and Packaging, Challenge and Opportunity on implementing ESG to Pulp and Paper Industry: ESG in Brief and Opportunities, Leading Global Pulp and Paper Companies to Manage and Develop ESG Results / Performances, serta Feasibility of The Effective and Efficient Sludge Treatment and Management Technology in Pulp and Paper Industry
 
Ketua Umum APKI, Aryan Warga Dalam, mengatakan bahwa industri pulp dan kertas memiliki potensi daya saing yang kuat dan didukung dengan terus dilakukannya pengembangan teknologi seperti otomasi dan digitalisasi untuk menyongsong daya saing industri pulp dan kertas ke depannya.

“Industri pulp dan kertas Indonesia terus berupaya untuk terus dapat bertahan dan mengembangkan industri meskipun pada masa ini terus ditekan oleh berbagai pihak seperti tuduhan pelanggaran lingkungan oleh NGO, hambatan perdagangan tarif tinggi, tuduhan trade remedies dan juga hambatan non tarif," kata dia dalam keterangannya, Senin (21/3).

"Belum lagi saat ini konstelasi antar negara tengah tinggi tensinya salah satunya dengan adanya agresi militer Rusia ke Ukraina yang berpotensi memicu perang, juga mau tidak mau bisa berimbas pada industri karena menyebabkan semakin kontainer dan terhambatnya logistik dunia,” tambah Aryan.

Baca Juga: Wamenkeu: Sejumlah Indikator Menandakan Ekonomi Indonesia dalam Tren Pemulihan

Dia bilang hasil diskusi hari ini diharapkan dapat menjadi bahan dan materi pembelajaran bagi pelaku industri pulp dan kertas Indonesia untuk mengembangkan industrinya serta menjadi dasar penyusunan kebijakan pada kepengurusan APKI mendatang.

Seraya dengan Aryan, Direktur Eksekutif APKI, Ibu Liana Bratasida menyimpulkan agar ke depannya, industri pulp dan kertas terus bisa bertumbuh dan maju menjadi juara di tingkat ASEAN, Asia dan bahkan Dunia serta terus bisa mengikuti isu-isu yang berkembang di dunia. 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×