Reporter: Diki Mardiansyah | Editor: Khomarul Hidayat
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT PLN (Persero) mencatat aplikasi Super Apps PLN Mobile yang telah diunduh oleh 55 juta pengguna dari awal muncul sebesar 500.000 pengguna. Selain jumlah yang bertambah, rating PLN Mobile pun naik dari 2,5 menjadi 4,9.
Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo mengatakan, lima tahun lalu rating PLN Mobile hanya mencapai 2,5 dan diunduh 500.000 pengguna. Dari rating 2,5 tersebut, umpan balik dari pelanggan PLN berisikan keluhan dan komplain dari pelanggan karena petugas PLN tak kunjung melayani dan terlambat hingga 24 jam.
"Nah untuk itu, lima tahun lalu kami melakukan review secara komprehensif. Kami perbaiki sehinghga meningkat menjadi 4,9," kata Darmawan dalam agenda Rapat Dengar Pendapat bersama Komisi XII DPR RI, di Jakarta, Senin (2/11).
Baca Juga: PLN Targetkan PLTS 50 MW di IKN Beroperasi 22 Desember 2024
Darmawan menuturkan aplikasi PLN Mobile merupakan aplikasi dengan rating tertinggi, baik itu aplikasi milik perusahaan swasta maupun BUMN.
Lebih lanjut, aplikasi PLN Mobile merupakan alat yang dapat digunakan pelanggan untuk mengakses berbagai layanan PLN, seperti: pembelian token, pembayaran tagihan, pengaduan gangguan, mendapatkan notifikasi padam, memohon perubahan daya.
PLN melakukan tranformasi pada sisi layanan pelanggan yang sebelumnya terfragmentasi, berbelit dan dilakukan secara manual.
Salah satu hasil transformasi ini, yakni aplikasi New PLN Mobile yang tidak hanya sekadar aplikasi, tetapi menjadi one stop services kebutuhan pelanggan mulai dari layanan kelistrikan, kendaraan listrik, hingga internet yang kini telah diunduh lebih dari 50,6 juta downloader dengan rating 4,9.
Baca Juga: PLN Bidik Penjualan Listrik naik 6,7% Jadi 327,7 TWh pada 2025
Selanjutnya: Pendapatan Tumbuh 231,27%, Ini Penopang Kinerja Resources Minerals (BRMS)
Menarik Dibaca: 5 Zodiak Paling Beruntung di Tahun 2025, Finansial Meningkat Pesat
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News