kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Archi Indonesia (ARCI) 2022 Terdampak Bencana Alam di Salah Satu Pit Tambang


Rabu, 13 April 2022 / 15:07 WIB
Archi Indonesia (ARCI) 2022 Terdampak Bencana Alam di Salah Satu Pit Tambang
ILUSTRASI. Tambang emas PT Archi Indonesia


Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Awal tahun ini, tepatnya pada 2 Januari 2022, terjadi bencana alam yang berdampak di salah satu pit milik anak usaha PT Archi Indonesia Tbk (ARCI), PT Tambang Tondano Nusajaya. Manajemen ARCI menyebut bahwa bencana alam tersebut salah satunya mengakibatkan rusaknya dinding kerja tambang. 

Dengan terjadinya bencana ini, Corporate Secretary PT Archi Indonesia Tbk Harry Margatan mengatakan setelah kejadian bencana alam yang berdampak ke salah satu pit Perseroan, manajemen telah menyesuaikan kebutuhan belanja modal. 

“Namun, beberapa belanja modal yang dialokasikan untuk eksplorasi akan tetap dilaksanakan dengan fokus di area Timur (Eastern Corridor) dan Barat (Western Corridor),” jelasnya seperti dikutip Kontan.co.id, Rabu (13/4). 

Baca Juga: Harga Emas Dunia Naik, Begini Rencana Kerja Archi Indonesia (ARCI) Tahun Ini

Tak hanya berdampak pada belanja modal saja, berdasarkan situasi terkait bencana alam tersebut, manajemen ARCI memperkirakan produksi emas pada tahun 2022 akan terdampak sekitar 25% dibandingkan jumlah produksi pada tahun 2021, dan lebih jauh terhadap kinerja keuangan.  

Namun sayang, Harry sampai saat ini belum bisa membeberkan berapa tepatnya angka final capex dan kinerja keuangannya di tahun ini. 

Kendati demikian, manajemen ARCI telah menyiapkan strategi untuk terus menghadapi tahun ini. Archi Indonesia berencana untuk berfokus pada optimalisasi penuh aktivitas penambangan di pit Toka, Kopra dan Alaskar yang baru. Kemudian, memastikan pit yang terdampak bencana untuk dapat beroperasi kembali sesuai jadwal. 

Tidak hanya itu, ARCI juga akan melanjutkan implementasi langkah-langkah strategis untuk efisiensi biaya, terutamanya biaya aktivitas penambangan dan pengolahan. Dan memastikan keberlangsungan aktivitas eksplorasi di wilayah Koridor Barat serta identifikasi target-target Brownfield dan Greenfield lainnya yang bertujuan untuk meningkatkan Sumber Daya Mineral dan Cadangan Bijih; 




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×