kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45889,80   -6,05   -0.68%
  • EMAS1.327.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Arus Mudik Nataru, Pertamina Patra Niaga Optimalkan Layanan Energi di Sulawesi


Minggu, 24 Desember 2023 / 09:29 WIB
Arus Mudik Nataru, Pertamina Patra Niaga Optimalkan Layanan Energi di Sulawesi
ILUSTRASI. Kontan - Pertamina Kilas


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Wendi Setiyo

KONTAN.CO.ID - Makassar – Menjelang Hari Natal 2023, PT Pertamina Patra Niaga mengoptimalkan layanan energi di wilayah Sulawesi, baik BBM, LPG dan Avtur. Selain menjamin ketersediaan stok bahan bakar untuk menopang kebutuhan mobilisasi masyarakat hingga arus balik libur tahun baru, Pertamina Patra Niaga juga turut menjamin pelayanan konsumen yang prima di lembaga penyalur.

Direktur Pemasaran Regional Pertamina Patra Niaga, Mars Ega Legowo Putra, mengatakan sebagai upaya untuk mengantisipasi peningkatan kebutuhan energi pada momen arus mudik Natal 2023 dan libur Tahun Baru 2024 (Nataru) pada tanggal 22-23 Desember 2023, pihaknya melalui tim Satuan Tugas (Satgas) Nataru siaga di lapangan memantau langsung keberlangsungan operasional dan pelayanan di terminal bahan bakar hingga lembaga penyalur.

“Di masa Satgas Nataru ini, tim kami siaga di lapangan memantau operasional terminal bahan bakar, SPBU, agen dan pangkalan di wilayah Sulawesi. Mulai dari memastikan ketersediaan pasokan BBM, LPG, dan Avtur dalam kondisi aman, hingga memantau pelayanan dan fasilitas untuk konsumen di SPBU tetap berjalan dengan baik,” ungkap Ega saat pihaknya melakukan peninjauan langsung ke sejumlah SPBU di wilayah Manado, Sulawesi Utara serta Makassar, Sulawesi Selatan.

Untuk di wilayah Sulawesi, Pertamina Patra Niaga menyiagakan sejumlah layanan tambahan seperti 21 unit motorist Pertamina Delivery Service atau layanan pesan antar BBM dan LPG, 186 SPBU yang siaga, dan 352 agen dan pangkalan LPG yang siaga 24 jam di wilayah yang diproteksikan memiliki peningkatan kebutuhan energi yang tinggi. Selain itu, Pertamina Patra Niaga juga telah menyiagakan 7 mobil tangki standby (SPBU kantong), yang siaga di SPBU di wilayah yang rawan kemacetan. Sehingga pasokan BBM dapat terus selalu terjaga untuk masyarakat.

Selain melakukan peninjauan dari aspek operasional, Ega dan jajaran manajemen Pertamina Patra Niaga turut menyapa dan berbincang langsung dengan konsumen di SPBU. Agar momen mobilisasi hari raya dan liburan akhir tahun masyarakat lebih aman dan nyaman, pihaknya turut menghimbau kepada masyarakat untuk mengisi penuh (full tank) BBM ke kendaraan, serta memperhatikan keamanan tabung LPG jika pergi meninggalkan rumah.

“Agar perjalanan mudik dan perayaan Nataru lebih aman dan nyaman, kami menghimbau agar melakukan pengisian BBM secara full tank di SPBU. Selain itu bagi yang mudik, agar memastikan keamanan LPG di rumah. Seperti melepas regulator dari tabung LPG selama mudik meninggalkan rumah,” tutur Ega.

Jelang arus mudik Nataru di wilayah Sulawesi, Pertamina Patra Niaga telah melakukan serangkaian proyeksi, kalkulasi dan prediksi terhadap kenaikan konsumsi pada momen Nataru, khususnya di sektor transportasi.

“Di wilayah Sulawesi, tercatat tren kenaikan BBM jenis gasoline (Pertalite dan Pertamax Series) sebesar 4%, sedangkan untuk jenis gasoil (Biosolar dan Dex Series) mengalami penurunan sebesar 3,7%. Untuk konsumsi LPG 3 Kg bersubsidi mengalami peningkatan sebesar 4% dan LPG Non Subsidi sebesar 2%. Sedangkan konsumsi Avtur turut mengalami peningkatan sebesar 2,9% dibandingkan kondisi konsumsi normal bulan Oktober tahun ini. Untuk itu kami turut melakukan melakukan build up stock sebesar 10% untuk BBM, penambahan sampai dengan 3-4 persen extra dropping LPG dan 10 persen untuk Avtur,” tambah Executive General Manager Regional Sulawesi, Erwin Dwiyanto.

Untuk informasi seputar produk dan layanan Pertamina Siaga selama Natal dan Tahun Baru ataupun informasi serta kegiatan lainnya, masyarakat dapat menghubungi Pertamina Call Center (PCC) 135, mengakses halaman website www.mypertamina.id, sosial media Instagram @ptpertaminapatraniaga, Facebook @PTPertaminaPatraniaga dan Youtube Channel PT Pertamina Patra Niaga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×