kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45892,72   -3,94   -0.44%
  • EMAS1.368.000 0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pertamina Patra Niaga Jamin Suplai Energi Jelang MotoGP Pertamina Grand Prix


Selasa, 10 Oktober 2023 / 06:25 WIB
Pertamina Patra Niaga Jamin Suplai Energi Jelang MotoGP Pertamina Grand Prix
ILUSTRASI. Foto udara Pertamina Mandalika International Street Circuit di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika,


Reporter: Muhammad Julian | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pertamina Patra Niaga menjamin kesiapan suplai energi  untuk mobilitas logistik, mobilitas masyarakat yang datang ke Lombok, rumah makan dan perhotelan, serta bagi kebutuhan sehari-hari masyarakat di Lombok selama gelaran Pertamina Grand Prix of Indonesia 13-15 Oktober mendatang.

Direktur Utama Pertamina Patra Niaga Riva Siahaan mengatakan bahwa stok dan distribusi energi dalam kondisi aman.

"Selain layanan normal, Pertamina Patra Niaga juga akan menyiagakan fasilitas utama dan menyiapkan layanan tambahan untuk mendukung kelancaran pasokan energi bagi kebutuhan MotoGP ataupun kebutuhan sehari-hari masyarakat,” kata Riva dalam keterangan tertulis baru-baru ini.

Baca Juga: Angkasa Pura Logistik Tangani 525 Ton Kargo MotoGP Mandalika 2023

Lebih lanjut, Riva memastikan bahwa Stok BBM, LPG, dan Avtur akan terus dijaga di level aman. Selain itu, Pertamina juga menambah waktu operasional fasilitas utama seperti fasilitas pendukung suplai Avtur di Bandara Internasional Lombok (BIL) dan Fuel Terminal (FT) Ampenan untuk BBM yang menjadi tumpuan kesuksesan MotoGP.

Untuk mengantisipasi proyeksi peningkatan kebutuhan Avtur hingga 190% dari penyaluran normal harian, Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) BIL akan beroperasi 24 jam untuk memenuhi kebutuhan Avtur bagi pesawat logistik, pesawat sewa, serta peningkatan jadwal penerbangan menuju dan dari Lombok sepanjang perhelatan Pertamina Grand Prix of Indonesia mulai tanggal 5 hingga tanggal 17 Oktober.

Untuk BBM juga sama. Proyeksi Pertamina, akan ada peningkatan sekitar 43% dari konsumsi harian. Itulah sebabnya,  Pertamina akan menambah jam operasional FT Ampenan mulai dari pukul 02.00 WITA yang biasanya dimulai pada pukul 06.00 WITA, serta menambah jam pelayanan operasional di hari minggu.

“Upaya kami memang dilakukan jauh lebih awal mengingat pergerakan persiapan MotoGP di Mandalika telah dimulai dari beberapa hari lalu ketika beberapa pesawat pengangkut logistik sudah keluar masuk Lombok serta kendaraan operasional logistik yang perlu didukung suplai Avtur dan BBM yang baik. Upaya ini akan berlanjut hingga seluruh rangkaian Pertamina Grand Prix of Indonesia selesai,” ujarnya.

Baca Juga: Indonesian GP 2023: 22 Pembalap MotoGP Dipastikan Berlaga di Mandalika

Selain memastikan stok dan menyiagakan fasilitas, Riva juga menyatakan bahwa Pertamina Patra Niaga juga menyiapkan SPBU yang beroperasi 24 jam di jalur-jalur utama, 1 unit Modular Khusus Pertamax Turbo untuk konsumsi BBM operasional balap termasuk safety car, serta Agen dan Pangkalan LPG yang beroperasi di hari libur untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Jadi selain di hulu kita pastikan stok dan distribusi berjalan aman, Pertamina Patra Niaga juga memastikan lembaga penyalur kami siap melayani lonjakan kebutuhan energi,” tukas Riva. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×