kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Arwana Citramulia (ARNA) Siap Bangun Pabrik Keramik ke-6 pada 2024


Senin, 30 Oktober 2023 / 16:50 WIB
Arwana Citramulia (ARNA) Siap Bangun Pabrik Keramik ke-6 pada 2024
Fasilitas produksi keramik milik PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA) di Mojokerto, Jawa Timur.

Reporter: Dimas Andi | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - MOJOKERTO. PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA) bakal kembali ekspansi bisnis berupa pembangunan pabrik keramik baru atau Plant 6.

Chief Financial Officer Arwana Citramulia Rudy Sujanto mengatakan, fasilitas Plant 6 ARNA akan dibangun di Jawa Barat, namun lokasi detailnya masih dirahasiakan oleh perusahaan tersebut. Yang terang, ARNA selalu memilih lokasi pabrik di daerah yang dilalui jalur pipa gas dan dekat dengan akses jalan tol.

Saat ini, ARNA masih dalam proses pematangan lahan yang mana Plant 6 akan menempati lahan sekitar 22 hektare (Ha). Pabrik Plant 6 ARNA akan memproduksi keramik granit ukuran 50x50 centimeter (cm) dan 60x60 cm dengan berbagai macam desain yang cocok dipasang sebagai lantai bangunan. Kapasitas pabrik baru ini diperkirakan sebesar 15.000 meter persegi (m²) per hari.

Baca Juga: Laba Bersih Meningkat 11% Secara Kuartalan, Begini Penjelasan Manajemen ARNA

Pihak ARNA mengestimasikan kebutuhan investasi untuk pembangunan Plant 6 sekitar Rp 400 miliar. Dana investasi ini berasal dari kas internal perusahaan. "Nilai investasi ini tidak semuanya kami keluarkan di tahun 2024, tetapi secara bertahap," kata Rudy saat ditemui KONTAN, Senin (30/10)

Sama seperti pabrik ARNA lainnya, Plant 6 akan mengadopsi teknologi produksi keramik mutakhir, sehingga perusahaan dapat menghasilkan produk berkualitas dan bisa bersaing dengan produk impor. "Jadi, pada dasarnya investasi kami itu padat modal, bukan padat karya," imbuh Edy Suyanto, Chief Operating Officer Arwana Citramulia, ditemui di acara yang sama.

Rencananya, konstruksi pabrik Plant 6 ARNA akan dimulai pada awal 2024. Pabrik ini ditargetkan selesai dan beroperasi secara komersial pada semester II-2025.

Ketika beroperasi, Plant 6 akan difokuskan untuk penjualan produk keramik di kawasan Jabodetabek, Jawa Barat, dan sebagian Jawa Tengah.

Kelak, saat Plant 6 sudah beroperasi, kapasitas produksi yang terpasang seluruh pabrik keramik ARNA akan mendekati 80 juta m² per tahun. Saat ini, kapasitas terpasang ARNA berada di level 68,7 m² per tahun.

 

Sebagai informasi, pada kuartal II-2023 ARNA baru mengoperasikan Plant 5C yang berada di Mojokerto dengan kapasitas produksi sekitar 4,4 juta m2 per tahun. Fasilitas baru tersebut ditujukan untuk melayani konsumen di Jawa Timur dan Indonesia bagian timur.

Saat ini sebenarnya ARNA juga tengah memproses pembangunan pabrik baru Plant 4C yang berlokasi di Ogan Ilir, Sumatera Selatan dengan kapasitas 4 juta m2 per tahun. Pabrik ini diproyeksikan beroperasi mulai tahun depan.

Selain di Mojokerto (Plant 5) dan Palembang (Plant 4), ARNA juga telah memiliki pabrik Plant 1 di Tangerang, Plant 2 di Serang, dan Plant 3 di Gresik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

×