kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.326.000 1,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Asita: Minat wisata masyarakat tetap tinggi


Sabtu, 03 Januari 2015 / 17:35 WIB
Asita: Minat wisata masyarakat tetap tinggi
ILUSTRASI. Jadwal MPL ID S12 Week 1 Day 2 (14/7), Hasil Pertandingan dan Link Live Streaming


Reporter: Sanny Cicilia | Editor: Sanny Cicilia

SURAKARTA. Pembekuan izin sementara rute AirAsia dari Surabaya-Singapura diperkirakan tidak akan mengurangi minat masyarakat Indonesia berwisata. Meskipun diakui, keinginan masyarakat menggunakan jasa penerbangan setelah musibah ini juga akan turun untuk sementara waktu. 

"Pembekuan ini hanya satu jalur saja, kami yakin ini tidak akan mengurangi minat masyarakat untuk berwisata," kata Ketua Association of The Indonesian Tours & Travel Agencies (ASITA) Asnawi Bahar saat dihubungi dari Surakarta, Sabtu (3/1).

Ia mengatakan, semua pihak memaklumi kasus AirAsia merupakan musibah sehingga wajar bila ada shock sementara di kalangan masyarakat dan menghindari penggunaan pesawat ketika bepergian.

Namun, Asnawi yakin proses pemulihan akan berlangsung lebih cepat. "Mereka kan maskapai penerbangan berbiaya murah, promosi mereka juga gencar, jadi hanya akan shock sementara saja," katanya.

Sebagai gantinya, ia memprediksikan angkutan transportasi darat alias 'land tour' akan mengalami peningkatan permintaan dalam jangka pendek.

Sebelumnya Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara membekukan, sementara izin rute penerbangan Indonesia AirAsia dari Surabaya ke Singapura dan sebaliknya.

Pembekuan itu terhitung mulai 2 Januari 2015 sampai dengan keluarnya hasil evaluasi dan investigasi jatuhnya pesawat AirAsia QZ 8501.

Pembekuan sementara ini tertuang dalam Surat Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nomor AU. 008/1/1/DRJU-DAU-2015 tanggal 2 Januari 2015.

Pembekuan rute ini dilatarbelakangi PT AirAsia yang telah melakukan pelanggaran persetujuan rute yang diberikan. Dalam Surat Dirjen Perhubungan Udara tertanggal 24 Oktober 2014 tentang Izin Penerbangan Luar Negeri Periode Winter 2014/2015 tertulis penerbangan AirAsia rute Surabaya-Singapura pada Senin, Selasa, Kamis, dan Sabtu. Namun Air Asia malah melakukan penerbangan pada Minggu. (Hanni Sofia Soepardi / Ridwan Ch)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×