Reporter: Vina Elvira | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Aspirasi Hidup Indonesia Tbk (AHI) (ACES) kembali mencatatkan kinerja positif di awal tahun 2025.
Berdasarkan Laporan Keuangan kuartal I-2025, Perusahaan mencatatkan pertumbuhan penjualan positif yang didorong oleh peluncuran merek AZKO, peningkatan aktivitas belanja selama periode Ramadan dan Lebaran, serta kontribusi kinerja Same Store Sales Growth (SSSG) yang tetap solid.
Pada kuartal pertama 2025, Perusahaan membukukan pertumbuhan penjualan sebesar 7,2% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, menjadi Rp2,14 triliun.
Pencapaian ini turut ditopang oleh pertumbuhan Same Store Sales Growth (SSSG) sebesar 2,2%.
Sementara itu, laba periode berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk tercatat mengalami penurunan dari Rp204,82 miliar pada kuartal pertama 2024 menjadi Rp141,60 miliar.
Baca Juga: Kuartal I-2025, Penjualan Aspirasi Hidup (ACES) Meningkat 7,2% Jadi Rp 2,13 triliun
“Penurunan yang terjadi telah diperkirakan sebelumnya seiring dengan peningkatan biaya operasional yang disebabkan oleh pergeseran waktu pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) Idulfitri tahun ini dibandingkan tahun sebelumnya yang jatuh pada kuartal II, serta kenaikan pada biaya iklan dan promosi untuk kegiatan rebranding AZKO,” ungkap Direktur Aspirasi Hidup Indonesia Gregory S. Widjaja, dalam keterangan resmi, Jumat (2/5).
Namun, jika melihat kinerja operasional di luar faktor THR, Perusahaan masih mencatatkan pertumbuhan laba operasi sekitar 4%.
Manajemen Perusahaan tetap optimistis dapat membukukan pertumbuhan laba bersih yang positif untuk tahun penuh 2025.
Dengan strategi yang mengedepankan relevansi terhadap kebutuhan pelanggan, perluasan jangkauan, serta penguatan pengalaman belanja yang seamless dan terintegrasi, ACES yakin berada di jalur yang tepat untuk terus tumbuh secara berkelanjutan.
Di sisa sembilan bulan tahun 2025 ini, berbagai inisiatif telah disiapkan ACES untuk memperkuat kapabilitas operasional sekaligus memperluas dampak positif, baik dari sisi bisnis maupun sosial.
Baca Juga: Keyakinan Konsumen Turun, Ini Strategi Aspirasi Hidup Indonesia (ACES) Jaga Kinerja
Untuk tahun penuh 2025, Perusahaan telah menetapkan alokasi belanja modal (Capex) sebesar Rp250 miliar– Rp 300 miliar, dengan realisasi capex yang tercatat hingga akhir bulan Maret 2025 sebesar Rp43,55 miliar.
"Alokasi ini difokuskan untuk mendukung pengembangan bisnis berkelanjutan melalui ekspansi pembukaan 25 hingga 30 toko baru di berbagai wilayah Indonesia, serta inovasi konsep toko yang lebih solutif, inspiratif, dan berorientasi pada pelanggan," tambahnya.
Sejalan dengan strategi ekspansi yang telah ditetapkan, sepanjang kuartal pertama 2025, Perusahaan membuka empat toko AZKO di berbagai wilayah baru, termasuk kawasan Indonesia paling timur, Abepura, Papua, dan Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.
Ke depan, Perusahaan juga akan terus memperkuat posisinya di industri ritel Indonesia melalui pengembangan portofolio produk dari 52 home brands yang telah dikenal dekat dengan pelanggan, seperti KRISBOW, KRIS, KLAZ, STORA, SOLEIL, dan lainnya.
Perusahaan juga akan mengoptimalkan layanan omnichannel melalui aplikasi ruparupa sebagai wujud “the future of retail”, serta menghadirkan solusi kebutuhan rumah dan hidup dari A sampai Z dengan layanan komprehensif dan ide-ide kolaboratif.
Baca Juga: Laba Bersih Aspirasi Hidup Indonesia (ACES) Turun di Kuartal I-2025, Ini Alasannya
Selanjutnya: Perhatikan, Begini 8 Ciri-ciri Luka Diabetes Mau Sembuh
Menarik Dibaca: Perhatikan, Begini 8 Ciri-ciri Luka Diabetes Mau Sembuh
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News