Reporter: Dyah Ayu Kusumaningtyas | Editor: Dupla Kartini
JAKARTA. PT Astra Daihatsu Motor (ADM) akan menambah sebanyak 30 outlet hingga 2014 mendatang. Nilai investasi pendirian outlet itu mencapai Rp 1 triliun.
"Khusus untuk tahun 2012, akan ditambah 10 outlet, sehingga bisa genap 211 outlet di tahun ini," kata Suparno Djasmin, CEO PT Astra International-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), Kamis (1/3).
Kata Suparno, capital expenditure yang dianggarkan tahun ini sebesar Rp 350 miliar - Rp 400 miliar. Capex sebesar itu tidak hanya dipergunakan untuk pembangunan 10 outlet, tapi juga untuk upgrade showroom.
Outlet yang dibangun tersebar di seluruh Indonesia, yaitu di Pulau Jawa, pulau Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, NTB, NTT, Ambon dan Jayapura.
Menurut Suparno, outlet yang di Jakarta paling banyak berkontribusi untuk penjualan. Ada beberapa kategori kapasitas penjualan setiap outlet, yaitu 30 unit - 50 unit per bulan, lalu 50 unit - 100 unit per bulan, 150 unit - 200 unit, atau lebih 200 unit per bulan.
"Outlet besar bisa mencapai penjualan 2500 unit -3000 unit per tahun," imbuhnya.
Saat ini, Astra otomotif menguasai 53% pasar otomotif di Indonesia. "Sedangkan Daihatsu menyumbang sekitar 15% untuk pasar otomotif Indonesia," pungkas Supandi.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News