Reporter: Andy Dwijayanto | Editor: Handoyo .
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Astra Graphia Tbk (ASGR) terus mengoptimalkan penjualan dan penetrasi produk printer baik yang menyasar segmen korporasi, pemerintahan maupun UMKM. Upaya ini dilakukan selain untuk menggenjot kinerja bisnisnya juga untuk meluaskan market share yang saat ini dimiliki.
Rudy Sunarto, Head of Marketing Product ASGR bahwa untuk segmen printer saat ini memang banyak didominasi produk yang memiliki harga jual yang murah. Lebih dari setengah market printer diperebutkan di segmen harga satu jutaan.
“Untuk market share Fuji Xerox itu di tahun 2017 di sekitar 10% untuk printer tapi itu kalau kita bicara total market printer,” ujar Rudy di Jakarta, Jumat (3/8).
Saat ini, perusahaan fokus pada pengenalan produk yang memiliki lifetime cost yang lebih baik ketimbang bersaing dari sisi harga. Oleh karena itu, saat ini penjualan mesin printer perusahaan banyak yang menyasar segmen yang lebih tinggi.
“Kalau bicara high end, market share kami lebih dari itu. Market share printer itu yang diharga sejutaan bisa 60% itu kami tidak main disitu, kami di high end,” lanjutnya.
Penjualan mesin printer untuk kebutuhan kantor dan usaha menjadi salah satu sasaran, seperti diketahui sepanjang semester I saja kinerja perusahaan sudah terdongkrak karena adanya demand yang besar dari industri percetakan.
Hal ini seiring dengan adanya event pilkada, nantinya dengan adanya Pilpres dan Pileg akan membuat kinerja perusahaan semakin baik ke depan.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News