Reporter: Andy Dwijayanto | Editor: Narita Indrastiti
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Astra Graphia Tbk (ASGR) terus mengembangkan bisnis business to business (B2B). Melalui anak usahanya PT Astra Graphia Xprins Indonesia perusahaan mengenalkan beragam produk mulai dari PrintQoe, AXIQoe dan SpotQoe.
Khusus untuk SpotQoe yang merupakan platform terbaru, perusahaan akan berupaya meningkatkan cakupan lebih luas. Asal tahu saja, SpotQoe merupakan platform online untuk mencari, memilih dan memesan ruang pertemuan, event dan working space.
Hari Ananto, Head of SpotQoe mengatakan bahwa pihaknya berencana untuk memperluas jangkauan ruang ke seluruh kota-kota besar di Indonesia. Saat ini setidaknya perusahaan sudah menyediakan lebih dari 2.500 ruangan dengan 400 merchant.
"Untuk penambahan space sudah ada, namun memang belum signifikan jumlahnya," ujarnya kepada KONTAN, Minggu (16/9).
Perusahaan saat ini sudah memiliki jejaring ruang di Jabodetabek, Bandung, Medan dan Makassar. Dengan berbasis aplikasi dan besarnya demand yang ada perusahaan juga akan mengembangkan jejaring ruang di kota-kota lainnya.
"Kami ada di Bandung juga, kalau sampai dengan akhir tahun kami akan fokus di Jakarta, Tangerang, Bekasi, Depok, Bogor dan Bandung," lanjutnya.
Jabodetabek masih menjadi kontributor utama karena besarnya demand yang ada. Sebab, pemesanan dilakukan tidak hanya untuk meeting space tetapi juga keperluan lainnya. Yang jelas, kontributor Jabodetabek masih terbesar ketimbang wilayah lainnya.
"Sejauh ini, pemesanan ruang lebih banyak digunakan untuk event seperti training, product launching dan marketing event lainnya," tutupnya
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News