kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Astra Infra Beri Pinjaman Rp 1,83 Triliun ke Anak Usaha Jasa Marga


Selasa, 19 April 2022 / 13:57 WIB
Astra Infra Beri Pinjaman Rp 1,83 Triliun ke Anak Usaha Jasa Marga
ILUSTRASI. Astra Infra memberi pinjaman senilai Rp 1,83 triliun ke Jasamarga Pandaan Malang, anak usaha Jasa Marga.


Reporter: Akmalal Hamdhi | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Astra Tol Nusantara atau Astra Infra, anak usaha PT Astra International Tbk (ASII) memberikan pinjaman kepada PT Jasamarga Pandaan Malang (JPM) yang merupakan anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk  (JSMR).

Berdasarkan keterbukaan informasi ASII di laman Bursa Efek Indonesia (BEI) disebutkan, Astra Infra memberikan pinjaman sebesar Rp 1,83 triliun untuk Jasamarga Pandaan Malang, dengan tanggal akhir jatuh tempo 1 bulan setelah perjanjian kredit JPM lunas atau sampai dengan 30 Desember 2022.

Transaksi ini diteken pada 13 April 2022 dan merupakan transaksi afiliasi karena Astra Tol Nusantara memiliki 49% saham di Jasamarga Pandaan Malang. Pinjaman ini diberikan untuk memenuhi keperluan umum Jasamarga Pandaan Malang, dengan suku bunga sebesar 7,50%.

“Transaksi ini dilakukan Astra Infra dengan tujuan untuk memberikan dukungan keuangan kepada Jasamarga Pandaan Malang. Pinjaman tersebut akan digunakan Jasamarga Pandaan Malang untuk keperluan umum korporasi,” tulis Direksi Astra International dalam keterbukaan informasi, Selasa (19/4).

Baca Juga: Grup Astra Genjot Ekspansi Bisnis Non Otomotif, Garap Segmen Usaha Apa Saja?

Direksi Astra menilai, bagi Astra Infra pelaksanaan transaksi dengan pihak terafiliasi akan memberikan manfaat finansial berupa adanya pendapatan bunga. Sementara bagi Jasamarga Pandaan Malang akan ada efisiensi administrasi dibandingkan apabila pinjaman berasal dari pihak perbankan.

Sebagai informasi, Astra Tol Nusantara bergerak pada kegiatan usaha di bidang jasa dan pembangunan jalan tol. Astra Infra merupakan perusahaan terkendali Astra International, yang lebih dari 99% sahamnya dimiliki secara langsung/tidak langsung.

Sementara itu, Jasamarga Pandaan Malang memiliki kegiatan usaha di bidang penyelenggaraan proyek yang meliputi pendanaan, perencanaan teknik, pelaksanaan konstruksi, pengoperasian dan pemeliharaan Jalan Tol Pandaan-Malang serta aktivitas jalan tol maupun usaha-usaha lainnya.

Baca Juga: Ada Pembangunan IKN, Astra Akan Optimalkan Pelabuhan Penajam Banua Taka

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×