kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Astra Infra groundbreaking akses Jalan Tol BIJB Kertajati


Senin, 07 September 2020 / 13:31 WIB
Astra Infra groundbreaking akses Jalan Tol BIJB Kertajati
ILUSTRASI. Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati


Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Astra Tol Nusantara (Astra Infra) lakukan groundbreaking pembangunan Jalan Tol Akses Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati. Pembangunan proyek tersebut menelan biaya Rp 692 miliar.

Group CEO Astra Infra Djap Tet Fa menyebutkan pembangunan tol akses Kertajati yang menghubungkan langsung Tol Cipali menuju BIJB Kertajati akan semakin mempermudah konektivitas yang tentunya akan memberikan dampak perekonomian bagi masyarakat daerah sekitar.

"Pembangunan tol akses Kertajati ini juga akan melengkapi keberadaan BIJB Kertajati. Kontribusi Astra Infra dama pembangunan tol akses ini menjadi kebanggaan tersendiri dan menjadi perwujudan filosofi Astra, yaitu menjadi milik yang bermanfaat bagi Indonesia," ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima Kontan.co.id, Senin (7/9).

Proyek pembangunan tol ini dilakukan oleh Project Management Consultant Astra Infra Solutions beserta kontraktor pelaksana PT Acset Indonusa Tbk dan PT Pembangunan Perumahan Tbk, dengan konsultan supervisi PT Mitrapacific Consulindo International dan konsultan pengendalian mutu independen PT Eskapindo Matra.

Baca Juga: Astra Infra dukung elektronifikasi dengan teknologi GNSS di jalan tol

Jalan tol akses menuju BIJB Kertajati yang terkoneksi dengan Jalan Tol Cikopo-Palimanan yang dimulai dari KM 158+700 dengan panjang jalan sekitar 3,7 kilometer, dengan lebar lajur 3,6 meter yang memiliki jumlah empat lajur untuk dua arah.

Adapun proyek yang diinisiasi Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan Kementerian PUPR ini merupakan penambahan lingkup Jalan Tol Cipali. Nantinya, Jalan Tol Akses BIJB Kertajati ini akan terkoneksi dengan Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) yang menghubungkan wilayah Bandung dan sekitarnya.

Presiden Direktur PT Lintas Marga Sedaya (Astra Tol Cipali) menambahkan pembangunan jalan tol akses BIJB Kertajati ini diprediksi akan rampung selama 12 bulan sehingga akan mulai beroperasi bulan November 2021.

"Namun, diharapkan pada bulan Juli 2021 dapat digunakan untuk uji coba fungsi dan laik operasi oleh Kementerian PUPR untuk keberangkatan jemaah haji Provinsi Jawa Barat yang berpusat di BIJB Kertajati," jelasnya.

Dalam sisi pendanaan, penambahan lingkup ini menelan biaya investasi sebesar Rp 692 miliar. Sumbernya berasal dari kredit sindikasi yang dipimpin oleh PT Bank Central Asia Tbk dengan anggota PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero), PT Bank Panin Tbk, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Indonesia Infrastructure Finance, BPD Jabar dan Banten, Bank DKI dan Bank ICBC Indonesia.

Selanjutnya: Bertahan di masa pandemi, begini strategi pengelola Bandara Udara Kertajati

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×