Reporter: Amailia Putri Hasniawati | Editor: Uji Agung Santosa
JAKARTA. PT Astra International Tbk (ASII) berupaya untuk mempertahankan pangsa pasar kendaraan roda empat di atas 51% hingga akhir tahun. Per Agustus 2014, pangsa pasar mobil Astra merosot.
Direktur ASII Suparno Djasmin mengatakan, penurunan yang terjadi di Agustus 2014 disebabkan adanya pengurangan akibat normalisasi stok. Ia pun tidak memungkiri adanya kompetisi yang kian ketat di pasar otomotif, terutama roda empat.
Untuk menyikapi adanya persaingan itu, Astra memiliki beberapa langkah agar target pangsa pasar bisa tercapai. "Memberikan produk dengan kualitas baik, investasi penambahan jaringan distribusi, memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan, dan membangun value chain," ujar Suparno, Rabu (17/9).
Seperti diketahui, penjualan kendaraan roda empat ASII sepanjang Agustus 2014 naik tidak sampai 1%, yakni dari 46.962 unit menjadi 47.409 unit.
Pangsa pasar mobil Astra di bulan Agustus 2014 pun merosot dibanding bulan sebelumnya. Market share kendaraan roda dua ASII bulan lalu sebesar 49%. Sementara di bulan Juli, pangsa pasar perusahaan mencapai 51%.
Ini merupakan penurunan kedua secara berturut-turut mulai Juli 2014. Namun, jika ditarik dari awal 2014, secara nasional pangsa pasar mobil Astra masih sebesar 52%. Adapun, jumlah unit mobil Astra yang terjual mencapai 428.851 unit. Secara nasional, total penjualan mobil sebanyak 830.398 unit.
Sebagai perbandingan saja, sepanjang 2013, pangsa pasar mobil ASII ada di posisi 53%. Angka ini setara dengan penjualan sebanyak 654.573 unit. Adapun, total penjualan kendaraan empat ban ini tahun lalu sekitar 1,22 juta kendaraan.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News