kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45989,59   -6,37   -0.64%
  • EMAS998.000 -0,60%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Avanza dan Veloz Jadi Kontributor Utama Penjualan Mobil Toyota di Januari 2022


Selasa, 15 Februari 2022 / 17:30 WIB
Avanza dan Veloz Jadi Kontributor Utama Penjualan Mobil Toyota di Januari 2022
ILUSTRASI. Avanza dan Veloz masih menjadi penyumbang terbanyak penjualan mobil Toyota di bulan Januari 2022.


Reporter: Dimas Andi | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Toyota Astra Motor (TAM) mampu membukukan penjualan mobil retail (dealer ke konsumen) sebanyak 22.906 unit di bulan Januari 2022, atau lebih tinggi 49,8% (yoy) dibandingkan realisasi di Januari 2021 sebanyak 15.292 unit.

Direktur Pemasaran Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy mengatakan, kontributor terbesar penjualan TAM masih berasal dari dua model yakni Avanza dan Avanza Veloz yang masing-masing sebanyak 3.701 unit dan 3.163 unit. Di samping itu, terdapat Innova yang terjual sebanyak 4.393 unit pada Januari lalu.

“Avanza dan Veloz memang dari dari dulu menjadi penyumbang terbesar penjualan. Impact keduanya juga besar karena variannya baru saja diluncurkan jelang akhir tahun lalu,” ujar dia, Selasa (15/2).

Baca Juga: Aturan Insentif PPnBM Otomotif Segera Terbit, Sejumlah APM Beri Respons Positif

Pihak TAM mendukung penuh program insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) otomotif yang kembali diberlakukan di tahun ini. Selain terbukti mampu memberikan dampak positif terhadap penjualan Toyota, insentif ini juga menggairahkan industri turunan otomotif dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional secara umum.

Terlepas dari itu, lantaran insentif PPnBM di tahun ini memiliki perbedaan skema dan jumlah penerima, TAM masih perlu melihat lebih dahulu dampak perpanjangan kebijakan tersebut. “Kami harus melihat setelah insentif berjalan, apakah ada peningkatan pasar atau justru ada shifting di antara grade dan model lain di dalam program ini,” terang Anton.

Manajemen TAM juga masih memonitor dampak gelombang tiga pandemi Covid-19 akibat varian Omicron di Indonesia. Ditambah lagi, penyebaran varian Omicron berdekatan dengan momen jelang Ramadan yang bisa mempengaruhi kondisi pasar otomotif.

TAM sendiri turut memaksimalkan layanan konsultasi maupun pembelian mobil secara digital untuk memenuhi permintaan konsumen. Sebagai contoh, saat ini TAM memiliki Toyota Official Store Solution (TOSS) secara digital yang bisa membantu konsumen melakukan pembelian di tengah kondisi pandemi.

Baca Juga: Toyota Luncurkan Varian Baru Sedan New Corolla Altis, Simak Beragam Fiturnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×