Reporter: Francisca Bertha Vistika | Editor: Uji Agung Santosa
JAKARTA. PT Astra Daihatsu Motor (ADM) dan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) memperluas pasar ekspor produk low Multi Purpose Vehicle (MPV) ke tujuh negara di Timur Tengah. Hingga Mei tahun 2015, Toyota Group menargetkan bisa mengekspor 5.000 unit Avanza ke negara baru tersebut.
Rudy Ardiman, ADM Corporate Planning Division Head mengatakan bahwa tujuh negara baru itu adalah Arab Saudi, Oman, Kuwait, Uni Emirat Arab, Qatar, Bahrain dan Yaman. "Sebelumnya kami juga sudah ekspor ke Timur tengah di negara Yordan, Lebanon, dan Suriah," kata Rudy, Senin (16/6). Dengan ada tambahan tujuh negara tersebut, total negara tujuan ekspor Avanza menjadi 44 negara.
Sekedar informasi, semenjak akhir 2013 hingga Mei 2014, ADM telah memproduksi Avanza sebanyak 1,3 juta unit. Sekitar 1,1 juta unit digunakan untuk kebutuhan pasar domestik. Sisanya, sebesar 211.087 unit diekspor ke negara yang tersebar di Asia, Timur Tengah, Afrika, dan Amerika Latin. Rudy bilang, ekspor Avanza ke negara baru targetnya 5.000 unit dimulai dari saat ini hingga 12 bulan ke depan.
Made Daya Tangkas, External Director and Corporate Affair TMMIN berharap dengan adanya ekspor Avanza ke negara baru ini, pada 2014 ekspor Avanza bisa mencapai sekitar 38.000 unit. "Tahun lalu ekspor Avanza sekitar 37.634 unit. Tahun ini targetnya sekitar 38.000," tutur Made.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News