kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45891,58   -16,96   -1.87%
  • EMAS1.358.000 -0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Avia Avian (AVIA) Targetkan Penjualan Tumbuh Hingga 10% Tahun Ini


Minggu, 17 Maret 2024 / 19:34 WIB
Avia Avian (AVIA) Targetkan Penjualan Tumbuh Hingga 10% Tahun Ini
ILUSTRASI. Avia Avian (AVIA) menargetkan pertumbuhan penjualan secara konsolidasi antara 6%-10% untuk tahun 2024.


Reporter: Venny Suryanto | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten cat dari Tancorp Group, PT Avia Avian Tbk (AVIA) menargetkan pertumbuhan penjualan secara konsolidasi antara 6%-10% untuk tahun 2024. Optimisme Avia didukung oleh semakin lengkapnya portofolio produk yang menjangkau seluruh kalangan masyarakat mulai dari kelas ekonomis sampai dengan kelas premium. 

Selain itu, Avian Brands juga memiliki jaringan distribusi yang luas dan menjangkau seluruh wilayah Indonesia dari Sabang sampai Merauke didukung dengan layanan jasa yang terbaik kepada konsumen. Sebagai informasi, sampai dengan akhir tahun2023, Avian Brands memiliki sebanyak 118 pusat distribusi sendiri, 14 pusat distribusi mini, serta 40 pusat distribusi pihak ketiga. 

Head of Investor Relations Avia Avian, Andreas Timothy Hadikrisno menambahkan dalam mencapai target penjualan itu, AVIA menyiapkan strategi dengan tetap konsisten menjalankan beragam program ekspansi, inovasi, serta pemasaran dan promosi. 

Secara garis besar dalam hal pemasaran, Avian Brands melakukan 2 strategi, yakni below the line. Program ini memberikan insentif kepada pelanggan retail, yaitu toko bahan bangunan, berupa trade promotion goods, yang tentunya dikaitkan dengan kinerja target penjualan dari toko bahan bangunan dan ketepatan waktu pembayaran. 

Baca Juga: Penjualan Melonjak saat Ramadan, Avia Avian (AVIA) Jaga Utilisasi Pabrik di Bawah 80%

"Di samping itu kami juga ada program pelatihan dan insentif kepada para tukang cat dengan memberikan kupon yang dapat ditukar dengan uang digital," ujar Andreas saat dihubungi Kontan.co.id, Minggu (18/3). 

Sementara strategi above the line yakni program pemasaran produk melalui iklan TV, media digital seperti Instagram, Youtube maupun media lainnya, pameran atau exhibition di mall dan media iklan di outlet pelanggan, program gathering ke pihak kontraktor dan arsitektur. Untuk produk premium, Avia juga menunjuk dua brand ambassador yaitu Joe Taslim untuk produk exterior SunguardAll-In-One dan Cinta Laura untuk cat interior, Supersilk Anti Noda untuk meningkatkan popularitas merek Avian di konsumen. 

"Khususnya untuk tahun 2024 dan ke depannya, Avian Brands berfokus untuk lebih menggencarkan aktivitas pemasaran above the line, dengan tujuan untuk meningkatkan brand awareness," imbuh Andreas. 

Untuk rencana ekspansi, Avian Brands juga berfokus pada pusat distribusi di seluruh wilayah Indonesia. Rencananya, AVIA akan menambah 7-8  pusat distribusi milik sendiri di tahun ini serta pengembangan inovasi produk baru pada berbagai segmen (termasuk cat tembok, pelapis anti bocor, dan cat kayu & besi) yang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan pasar. 

Baca Juga: Pendapatan dan Laba Naik Tahun Lalu, Begini Rekomendasi Saham Avia Avian (AVIA)

Di samping itu, strategi pemasaran, baik pada sisi proyek maupun retail juga tetap dijalankan dengan melakukan berbagai penyesuaian terhadap kondisi pasar. Sedangkan untuk ekspansi kapasitas produksi, AVIA tetap on track dengan pembangunan pabrik ketiga di Cirebon yang dijadwalkan akan rampung akhir tahun 2025. 

"Kami akan mulai produksi di pabrik Cirebon di awal tahun 2026 dengan 50% dari total kapasitas pabrik Cirebon sendiri mencapai 225.000 metrik ton dan akan diimplementasikan secara bertahap," tuturnya. 

Dalam mendukung ekspansi, perseroan juga menganggarkan belanja modal atau capex. Untuk anggaran belanja modal rutin di tahun 2024 tetap dijaga pada tingkat 2% dari total penjualan. Adapun untuk anggaran belanja modal rutin tersebut diperuntukan untuk 0eningkatan fasilitas pabrik, pengembangan jaringan IT karena dengan begitu banyak cabang, diperlukan infrastruktur IT yang kuat dan aman, penambahan truk dan kendaraan di pusat distribusi yang dimiliki sendiri serta penambahan mesin tinting untuk toko bahan bangunan 

"Selain itu, kami juga memiliki anggaran belanja tambahan untuk pembangunan pabrik ketiga kami yang berlokasi di Cirebon di tahun 2024 sekitar 5% dari total penjualan," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×