kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Awal Januari 2021 pemerintah rilis pemenang tender sistem transaksi tol berbasis MLFF


Minggu, 20 September 2020 / 09:35 WIB
Awal Januari 2021 pemerintah rilis pemenang tender sistem transaksi tol berbasis MLFF


Sumber: Kompas.com | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah akan mengumumkan pemenang pelelangan ( tender) Pengusahaan Sistem Transaksi Tol Non-tunai Nir-sentuh Berbasis Multi Lane Free Flow ( MLFF) pada Selasa, 5 Januari 2021.

Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Endra S Atmawidjaja memastikan hal itu kepada Kompas.com, Sabtu (19/9/2020).

"Minggu depan mulai tahap penerbitan adendum dokumen permintaan proposal, untuk selanjutnya pemasukan dokumen penawaran," terang Endra.

Kemudian tahap berikutnya adalah evaluasi dokumen penawaran sampul I dan sampul II selama periode November hingga 16 Desember 2020. Pemberian kesempatan kepada pemrakarsa, dalam hal ini Roatex Ltd Zrt, untuk menyamakan penawaran akan digelar selama lima hari yang dimulai tanggal 17 Desember hingga 23 Desember 2020.

Baca Juga: Lolos Prakualifikasi, Jasa Marga Menghadapi Dua Konsorsium di Proyek Tol Nirsentuh

Periode sanggahan terhadap hasil pelelangan dilaksanakan pada 6-12 Januari 2021 atau enam hari. Selanjutnya akan diterbitkan surat keputusan pemenang lelang pada 15 Januari 2021 jika tidak ada sanggahan dari para peserta lelang.

Sebelumnya, Hasil Pra-kualifikasi Pelelangan Pengusahaan Sistem Transaksi Tol Non-tunai Nir-sentuh Berbasis MLFF Nomor 11/PB.0301/MLFF/2020 telah ditetapkan pada Rabu, 19 Agustus 2020. Terdapat empat peserta yang lolos pra-kualifikasi.

Mereka adalah PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui PT Jasamarga Tollroad Operator (JMTO), dan PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk (CMNP)-PT Citra Persada Infrastruktur-PT Delameta Bilano-SkyToll a.s. (Slovakia).

Kemudian konsorsium PT Nusantara Telematics System-PJSC Mostotrest (Rusia)-Service Telematics LLC (Rusia)-Soft Telematics LLC (Rusia), dan Roatex Ltd Zrt asal Hongaria.

Nama terakhir ini ditetapkan sebagai pemrakarsa proyek sejak 31 Oktober 2019 lalu. Roatex memiliki Hak Menyamakan Penawaran (right to match) proses pra-kualifikasi yang dilaksanakan sepenuhnya secara elektronik (daring). Tender proyek dengan kebutuhan investasi senilai Rp 2,923 triliun ini untuk trase sepanjang 1.713 kilometer.

Endra menuturkan, keempat peserta lelang tersebut memiliki peluang yang sama besarnya untuk keluar sebagai pemenang. Termasuk JMTO yang murni peserta dalam negeri.

Baca Juga: Ada 31 Perusahaan Berebut Tender Jalan Tol Nirsentuh Rp 4,34 Triliun

Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Subakti Syukur optimistis akan memenangi tender ini, mengingat perusahaan telah melakukan berbagai upaya pengembangan teknologi yang sudah dikostumasi dan disesuaikan dengan kebutuhan dan kultur pelanggan lokal.

"Kami terus berupaya semaksimal mungkin memberikan yang terbaik. Bahkan, sekarang saat proses aanwijzing dan pemasukan dokumen pada pertengahan November mendatang," kata Subakti kepada Kompas.com, Sabtu (19/9/2020).

Aanwijzing sendiri merupakan pemberian penjelasan, atau salah satu tahap dalam sebuah tender menyangkut penjelasan mengenai pasal-pasal dalam Rencana Kerja dan Syarat-Syarat (RKS), Gambar Tender, Rencana Anggaran Biaya (RAB) dan Term of Reference (TOR). "Ke depan kami terus meningkatkan inovasi dan pengembangan teknologi untuk memperkuat sistem digitalisasi yang sekarang sudah dilaksanakan," tuntas Subakti. (Hilda B Alexander)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pemenang Tender Sistem Transaksi Tol Berbasis MLFF Diumumkan 5 Januari 2021",

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×