kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bandara Bali operasi normal, Bandara Lombok dibuka


Jumat, 01 Desember 2017 / 17:39 WIB
Bandara Bali operasi normal, Bandara Lombok dibuka


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Dessy Rosalina

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Berdasarkan laporan terbaru dari Kepala Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah IV Denpasar Bali, Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso menyatakan  Bandara Internasional Ngurah Rai, Denpasar Bali beroperasi normal dan Bandara Internasional Lombok Praya kembali dibuka pada hari ini, Jumat 1 Desember 2017 pukul 8.50 WITA.

"Hingga pukul 08.00 WITA pagi ini, tidak ada dampak dari erupsi Gunung Agung yang mengganggu operasional penerbangan di Bandara Ngurah Rai dan Bandara Lombok Praya. Oleh karena itu, kami putuskan Bandara Ngurah Rai untuk tetap beroperasi normal dan Bandara Lombok Praya dibuka kembali," ujar Agus Santoso dalam keterangan resminya, Jumat (1/12).

Berdasarkan data dari BMKG dari pengamatan pukul 02.00 – 08.00 WITA tanggal 1 Desembwr 2017, sebaran abu vulkanik Gunung Agung  bergerak menuju arah Timur dengan kecepatan angin antara 5-15 Knots. RGB Citra Satelit Himawari tidak mendeteksi pergerakan abu vulkanik karena tertutup awan. Dan status Vulcano Observatory Notice for Aviation (VONA) terdeteksi dengan kode warna ORANYE.

Sementara itu dari hasil paper test di area Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai  juga tidak ditemukan adanya abu vilkanik (NIL VA). Sumber Data PVMBG-KESDM menyatakan Tingkat Aktivitas Gunung Agung turun menjadi Level IV (AWAS).

Untuk kondisi landas pacu (runway) di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, dilaporkan oleh AirNav Indonesia Kantor Cabang Denpasar berada dalam kondisi baik. Hasil pilot report juga tidak terpantau Vulcano Ash (VA) di runway.

Di Bandara Lombok, dilaporkan abu vulkanik sudah tidak menutupi ruang udaranya. Pembukaan kembali bandara ini sudah disebarkan ke penyelenggara penerbangan nasional dan internasional melalui notam no. B9077/17 NOTAMC B9075/17.

Sedangkan terkait status Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Denpasar Bali sudah disebarkan denhan NOTAM A4300/17 NOTAMC AA4298/17, bahwa seluruh fasilitas Bandara Ngurah Rai dapat beroperasi  Optimal.

Waspadai peak season

Terkait beroperasinya kembali dua bandara tersebut, Agus Santoso berpesan kepada penyelenggara penerbangan baik itu operator maupun regulator untuk tetap waspada demi keselamatan, keamanan dan pelayanan penerbangan.

Apalagi mulai hari Jumat ini merupakan peak season karena adanya libur 3 hari. Sebagai tempat wisata bertaraf internasional, Bali dan Lombok selalu dikunjungi ribuan wisatawan domestik dan internasional setiap peak season.

"Untuk itu saya berpesan pada semua penyelenggara penerbangan untuk tetap waspada dan bekerjasama dengan baik. Tetap utamakan keselamatan, keamanan dan pelayanan maksimal pada penumpang sesuai aturan yang berlaku" ujar Agus.

Dari data Dampak Erupsi Gunung Agung bagi penerbangan di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai pukul 20.00 – 08.00 WITA tercatat terdapat  32 flight (21 Departure, 11 Arrival) yang delay serta 11 flight (7 Domestik, 4 Internasional) yang dibatalkan (cancel).

Agus berharap layanan pada penumpang yang cancel maupun delay tetap dilakukan dengan baik. Hal ini untuk mendukung dunia pariwisata di Bali yang merupakan andalan nomor satu di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×