kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bangun 3 pabrik baru, Capex Dharma Polimetal (DRMA) Sudah Terserap Rp 300 Miliar


Selasa, 08 November 2022 / 18:36 WIB
Bangun 3 pabrik baru, Capex Dharma Polimetal (DRMA) Sudah Terserap Rp 300 Miliar


Reporter: Venny Suryanto | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) menyiapkan belanja modal atau capex sebesar Rp 440 miliar tahun ini. Dana tersebut akan difokuskan untuk pembelian tanah PT Dharma Controlcable Indonesia (DCI) dan PT Dharma Precision Parts (DPA) di Bekasi.

“Hingga saat ini telah terpakai sebanyak Rp 300 miliar untuk pembelian tanah DCI dan DPA, pembangunan bangunan baru untuk keperluan produksi 4W di PT Dharma Polimetal Tbk. Sisanya merupakan annual capex untuk tooling produksi,” ujar Presiden Direktur Dharma Polimetal Irianto Santoso saat dihubungi Kontan.co.id, Selasa (8/11).

Sementara, di tahun 2023, DRMA telah menyiapkan capex sebesar Rp 300 miliar.

Irianto mengatakan, dalam upaya mendongkrak kinerja, tahun ini DRMA melakukan ekspansi dengan membangun tiga pabrik baru dan satu proyek perluasan pabrik. Proyek pembangunan tersebut terutama untuk menggenjot produksi komponen kendaraan roda empat.

DRMA telah memulai pembangunan tiga pabrik baru untuk PT Dharma Controlcable Indonesia, PT Dharma Precision Parts dan PT Dharma Polimetal Tbk.

“Pembangunan pabrik itu di lahan baru yang terletak di Jababeka. Proses pembangunan pabrik ini masih dalam tahap perencanaan bangunan dan ditargetkan akan selesai pada kuartal I-2023 dan akan beroperasi pada kuartal II-2023,” kata dia.

Baca Juga: Penjualan Dharma Polimetal (DRMA) Melonjak 27,8% Hingga Kuartal III-2022

Sementara untuk pabrik PT Dharma Polimetal Tbk, pembangunan pabrik ini untuk komponen otomotif roda empat di lahan milik DRMA di Delta Silicon Cikarang. Pabrik ini akan dilengkapi dengan mesin berkapasitas dari 600 ton, 1.000 ton hingga 1.500 ton serta tingkat digitalisasi dan otomasi yang tinggi.

“Bangunan pabrik sendiri saat ini sudah selesai dibangun dan saat ini sedang dalam proses untuk memulai pemasangan komponen kelistrikan serta mesin-mesin dengan tonase besar,” katanya.

Dia berharap, pemasangan komponen listrik dan mesin-mesin tersebut dapat selesai pada kuartal 4 tahun 2022. Sehingga pabrik tersebut sudah dapat memproduksi komponen bagi pelanggan mulai tahun 2023 mendatang.

Selain itu, DRMA juga sedang dalam proses perluasan pabrik di Cirebon yang digunakan untuk memproduksi komponen-komponen kecil dengan mesin stamping dibawah 250 ton.

“Perluasan pabrik ini ditargetkan selesai dan beroperasi pada Kuartal 1-2023,” ujar dia.

Secara keseluruhan, DRMA memiliki sebanyak 11 pabrik yang beroperasi yakni PT Dharma Polimetal Tbk di Cikarang dan di Cirebon, pabrik PT Dharma Electrindo Manufacturing di Cikarang dan di Cirebon, pabrik PT Dharma Poliplast di Cikarang dan di Karawaci.

Lalu, pabrik PT Dharma Controlcable Indonesia di Cikarang, pabrim PT Dharma Precision Parts di Cikarang, pabrik PT Dharma Precision Tools di Cikarang, pabrim PT Sankei Dharma Indonesia di Karawang, dan pabrik PT Dharma Kyungshin Indonesia di Cirebon.

Baca Juga: Dharma Polimetal (DRMA) Bidik Laba Bersih Naik 50% di Tahun Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×