kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.310.000 -1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bangun Edge Data Center Sepanjang Jaringan Kereta Api, KAI Properti Gandeng Voltare


Rabu, 01 November 2023 / 10:56 WIB
Bangun Edge Data Center Sepanjang Jaringan Kereta Api, KAI Properti Gandeng Voltare
ILUSTRASI. Pembangunan jalur rel ganda kereta api Bogor-Sukabumi, Bogor, Senin (17/1/2022). Bangun Edge Data Center Sepanjang Jaringan Kereta Api, KAI Properti Gandeng Voltare.


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT KA Properti Manajemen (KAI Properti) menggandeng perusahaan pengelola Data Center PT Voltare Lintasdata Teknologi (Voltare) sebagai rekan teknologi untuk mendukung transformasi dan terobosan dalam pengelolaan properti Kereta Api Indonesia yang dikelola oleh KAI Properti. 

Direktur Utama KAI Properti, Junaidi Nasution, mengatakan, dengan adanya kerjasama ini maka dimasa depan, Jaringan Rel dan Stasiun Kereta Api tidak hanya dipandang sebagai jaringan penghubung transportasi manusia dan barang saja, "tetapi juga akan dipandang sebagai Jaringan Koneksi Internet dan Layanan Digital Penghubung kota-kota strategis di Indonesia,” ujarnya dalam siaran pers, Rabu (1/11).

KAI Properti sebagai anak usaha KAI, mengelola aset dan lahan milik KAI yang sebagian besar diantaranya berada di area strategis pulau Jawa & Sumatera yang sangat sesuai dengan karakter pengembangan layanan Edge Data Center (EDC) yang membutuhkan lokasi yang dekat dengan penggunaa layanan digital. 

Baca Juga: KAI Properti Buka Lowongan Kerja Terbaru September 2023, Ini Posisi yang Ditawarkan

Voltare, perusahaan Data Center yang sedang dalam tahap pembangunan sebuah Hyperscale Data Center berkapasitas 150 MW dilahan 10ha Daan Mogot, mengungkapkan bahwa dengan adanya Edge Data Center dilokasi-lokasi strategis KAI, akan menjadi komplementari bagi Hyperscale Data Center. 

Keduanya berharap bahwa proyek ini akan menjadi tonggak penting dalam mendukung perkembangan teknologi di tanah air dan menyediakan solusi unggulan bagi para pelanggan di sektor Edge Computation dan Content Delivery Network (CDN). 

“Masa depan Internet di Indonesia merupakan kombinasi (i) layanan teknologi Komputasi Awan (Hyperscale Cloud) yang sifatnya terpusat, berkeamanan tinggi dan massif, dengan (ii) layanan teknologi komputasi EDGE yang sifat terdistribusi, berlatensi sangat rendah dan mendekat pada pengguna layanan. Dengan menyediakan Hyperscale Data Center dan Edge Data Center secara terintegrasi, Voltare akan menjadi rumah bagi para pemain teknologi digital di Indonesia.” ujar Jastiro Abi, Direktur Utama Voltare.

Baca Juga: Kasus Suap Proyek Kereta Api, KPK Periksa Staf Ahli Menteri Perhubungan

Proyek ini dapat mendukung pertumbuhan penggunaan teknologi digital di Indonesia dan mengakselerasi pertumbuhan ekonomi digital, “Pengembangan EDC di Indonesia adalah sebuah keniscayaan seiring dengan berkembangnya permintaan layanan Internet of Things (IoT) dan rencana implementasi layanan 5G. 

Konsumen Digital Indonesia akan terus menggunakan eCommerce, Supermarket Online, Aplikasi Transportasi dan Media Online dan ini akan terefleksi dengan pertumbuhan ekonomi digital Indonesia sebesar 19% per tahun dengan nilai US$130 Miliar di tahun 2025” pungkas Arief Yahya, Komisaris Utama Voltare.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet Using Psychology-Based Sales Tactic to Increase Omzet

[X]
×