kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bangun infrastruktur, Pelindo II siapkan Rp 50 T


Rabu, 14 Desember 2016 / 12:18 WIB
Bangun infrastruktur, Pelindo II siapkan Rp 50 T


Reporter: Wahyu Satriani | Editor: Dupla Kartini

JAKARTA. PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II akan menyiapkan belanja modal sekitar Rp 50 triliun mulai tahun depan. Dana tersebut untuk pembangunan infrastruktur dan sarana prasarana pelabuhan yang mulai berlangsung pada tahun depan hingga tahun 2019. 

Elvyn G Masassya, Direktur Utama Pelindo II, merinci, sekitar Rp 25 triliun dari anggaran tersebut untuk pembangunan infrastruktur. Dana ini sepenuhnya berasal dari kas internal perusahaan.

Perusahaan pelat merah ini akan menggarap sejumlah proyek, seperti pelabuhan internasional di Kijing, Kalimantan Barat dan di Sorong, Papua. Di kedua pelabuhan itu akan ada kawasan industri .

Pelindo II berencana menggandeng mitra untuk pengembangan kawasan industri tersebut. Tapi hingga kini, perusahaan tersebut masih belum menentukan mitra kerja di proyek lahan industri itu. "Kami akan membangun beberapa pelabuhan baru, namun kami akan fokus di Kijing dan Sorong," kata Evlyn, Selasa (13/12).

Selain proyek anyar, perusahaan ini juga akan melanjutkan proyek yang sudah ada. Seperti pengembangan terminal Kalibaru. Setelah mengoperasikan terminal petikemas I, Pelindo II berencana akan memulai pembangunan terminal petikemas tahap berikutnya. "Terminal I dan II kami bangun untuk produk liquid seperti gas maupun minyak," ujar Elvyn.

Selain itu, Pelindo II juga akan membangun inland waterways atau kanal dari Tanjung Priok ke Bekasi. Langkah ini untuk mempercepat distribusi barang atau logistik dari pelabuhan ke ke pabrik.

Supaya beberapa proyek tersebut bisa berjalan lancar, Pelindo II sudah menyiapkan dana sekitar Rp 6 triliun mulai tahun depan.

Sementara, sekitar Rp 25 triliun dana sisanya untuk pembangunan struktur pelabuhan. Pelindo akan memenuhi sisa dana tersebut dari penerbitan obligasi, pinjaman perbankan serta kerjasama dengan mitra strategis yang ikut serta dalam proyek tersebut. "Hampir semua proyek itu sudah memiliki peminat, namun kami masih seleksi. Sejumlah mitra antara lain berasal dari Eropa dan Asia Timur," tukasnya.

Tahun ini, Pelindo II sudah  menganggarkan dana sekitar Rp 6 triliun untuk pengembangan 12 pelabuhan kelolaan perusahaan ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×