kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.001,74   -2,58   -0.26%
  • EMAS981.000 0,10%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Bantu Perkuat Arus Kas UKM, Ninja Xpress Percepat Pencairan Dana COD


Jumat, 15 Juli 2022 / 08:07 WIB
Bantu Perkuat Arus Kas UKM, Ninja Xpress Percepat Pencairan Dana COD
ILUSTRASI. Untuk mencegah COD fiktif, Ninja Xpress menghimbau kepada pengguna untuk lebih berhati-hati dan cermat dalam bertransaksi COD terutama dalam melindungi data pribadi.

Reporter: Dimas Andi | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dalam rangka membantu pelaku UKM untuk menjaga arus kas yang sehat, Ninja Xpress meningkatkan pencairan dana Cash-On-Delivery (COD) dua kali seminggu untuk memfasilitasi arus kas yang lebih sehat bagi para UKM.

Dengan begitu, hasil penjualan kini diberikan kepada UKM secara akurat dan penuh setiap hari Selasa dan Jumat, sehingga mereka dapat mengelola perencanaan dan pelaporan keuangan dengan lebih baik.

Berdasarkan survei yang dilakukan Katadata Insight Center terhadap 206 UMKM di Jabodetabek pada Juni 2020, sebanyak 88,8% pembeli online memilih pembayaran COD. Namun, bagaimanapun juga, preferensi pembeli ini membuat UKM tertunda dalam menerima langsung arus kas dari hasil penjualan.

Penundaan ini disebabkan karena transaksi harus diselesaikan dahulu sebelum aliran dana dari pembeli ke logistik pihak ketiga (3PL) sampai ke UKM.

Baca Juga: Simak 3 Cara Cek Resi Ninja Xpress secara Online

Melihat tren ini, UKM yang tergabung dalam ekosistem Ninja Xpress pun memiliki kesempatan yang lebih besar untuk meningkatkan penjualannya dengan mengaktifkan sistem COD karena dapat menjangkau pembeli lebih banyak dan luas.

Namun, ternyata terdapat permasalahan yang dihadapi oleh UKM dalam menggunakan sistem COD, yaitu terhambatnya arus kas karena harus menunggu pencairan dana yang sudah diserahkan pembeli kepada kurir.

Hal inilah yang membuat Ninja Xpress kemudian memberikan kemudahan melalui pencairan dana COD yang sebelumnya dilakukan dalam satu kali menjadi dua kali dalam seminggu.

Dengan adanya pencairan dana COD 2 kali seminggu diharapkan dapat membuka akses ke arus kas yang lebih cepat akan membantu UKM meningkatkan bisnis mereka.

Hasil penjualan kini akan diberikan kepada UKM yang telah bergabung dengan Ninja Xpress secara penuh setiap hari Selasa dan Jumat sehingga mereka dapat mengelola perencanaan dan pelaporan keuangan dengan lebih baik.

Shipper Ninja Xpress Agen Jamu Berkah, Mustakim mengaku, sebelumnya banyak transaksi yang sudah terjadi namun tidak dapat pihaknya masukkan rekapan pembukuan karena uangnya belum diterima.

"Pencairan dana COD menjadi dua kali dalam seminggu sangat membantu arus kas bahkan pemberian bonus bagi tim sales kami karena uang lebih cepat kami terima setelah pengiriman selesai,” imbuh dia dalam siaran pers yang diterima Kontan, Kamis (14/7).

Hal serupa juga dialami Syaiful dari Full Fashion yang menyebut bahwa lebih cepatnya pencairan dana COD sebanyak dua kali dalam seminggu langsung ke rekening, arus kas Full Fashion lebih sehat dan lebih mudah dalam pencatatan transaksi.

"Kami juga dapat memutar dana tersebut lebih cepat untuk pengembangan bisnis agar bisa menghasilkan penjualan yang lebih banyak lagi,” kata dia. 

Baca Juga: Ramadan Lalu, Ninja Xpress Catatkan Kenaikan Volume Pengiriman Barang Lebih dari 35%

Andi Djoewarsa, CMO Ninja Xpress menjelaskan, layanan COD Ninja Xpress adalah salah satu layanan unggulan yang sering digunakan UKM.

Peningkatan layanan pencairan dana COD menjadi dua kali dalam seminggu adalah wujud komitmen Ninja Xpress untuk selalu berusaha menghadirkan respons cepat dan resolusi tepat bagi setiap kebutuhan UKM maupun konsumen.

"Layanan ini tersedia sejak Juni 2022 untuk seluruh UKM yang telah bergabung dengan ekosistem Ninja Xpress," tukas dia.

Layanan COD Ninja Xpress yang menjangkau seluruh wilayah Indonesia telah ada sejak 2018. Selain COD, Ninja Xpress juga memberikan layanan terbaik lainnya seperti regular dan same day delivery yang disesuaikan dengan berbagai kebutuhan yang berbeda bagi komunitas UKM yang sangat beragam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×