kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45845,50   -13,12   -1.53%
  • EMAS1.347.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Banyak Bisnis Sumber Daya Alam di Sulteng, Sucofindo Buka Cabang di Kendari


Kamis, 23 Mei 2024 / 14:52 WIB
Banyak Bisnis Sumber Daya Alam di Sulteng, Sucofindo Buka Cabang di Kendari
ILUSTRASI. Peresmian kantor cabang baru PT Sucofindo di Kendari.


Reporter: Amalia Nur Fitri | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. PT Sucofindo meresmikan Cabang Kendari. Dengan hadirnya PT Sucofindo Cabang Kendari, pihaknya berharap operasional pabrik dapat mendukung pembangunan ekonomi Sulawesi Tenggara dan mewujudkan menjadi bagian Indonesia Emas 2045, melalui layanan Testing, Inspection, Certification (TIC).

“Potensi Sulawesi Tenggara utamanya adalah di bidang pertambangan, pertanian-perkebunan, perikanan, pariwisata dan lainnya. Oleh karena itu, peran PT Sucofindo dibutuhkan untuk membantu meningkatkan daya saing pelaku usaha di wilayah Kendari, meningkatkan ekonomi Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara untuk kesejahteraan masyarakat,” kata Pj Gubernur Sulawesi Tenggara Andap Budhi  Revianto, dikutip dari keterangan resmi, Rabu (22/5).

Selain itu, Andap Budhi Revianto berharap bahwa PT Sucofindo dapat membuka seluas-luasnya untuk penyerapan tenaga kerja dan membuka kesempatan kepada penyandang disabilitas dari putra-putri Sulawesi Tenggara.

Direktur Utama PT Sucofindo Jobi Triananda mengatakan bahwa Perusahaan siap mendukung Sulawesi Tenggara secara luas, dan khususnya Kota Kendari untuk mewujudkan wilayah yang berdaya saing melalui layanan Testing, Inspection, Certification (TIC), yang didukung dengan SDM (Sumber Daya Manusia) dari putra putri Sulawesi Tenggara.

Adapun layanan TIC PT Sucofindo Cabang Kendari, seperti Pertambangan khususnya nikel dan bahan tambang lainnya; Sertifikasi Halal; Sertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN); Konsultansi Analisis Dampak Lingkungan (AMDAL), layanan inspeksi, pengujian, serta layanan lingkungan lainnya, Industri Hijau dan karbon kredit (sesuai dengan peranan SUCOFINDO sebagai Lembaga Validasi dan Verifikasi (LVV) terakreditasi untuk skema Gas Rumah Kaca (GRK) dan Nilai Ekonomi Karbon (NEK), dan jasa Testing, Inspection, Certification (TIC) lainnya pendukung keberlanjutan lingkungan.

“Selain itu, PT SUCOFINDO mampu melayani di sektor pemerintahan untuk public services. Melalui layanan TIC tersebut, SUCOFINDO mampu memberikan jaminan terhadap pelaku usaha dan pemerintah setempat dalam menjaga kualitas, dengan memperhatikan keselamatan, kesehatan, keamanan dan keberlanjutan lingkungan. Dan kami berharap layanan kami mampu mendukung Pendapatan Asli Daerah dan penerimaan pajak,” kata Jobi Triananda.

Kepala PT Sucofindo Cabang Kendari Deddy Sarmanto menambahkan bahwa saat ini Cabang Kendari dilengkapi dengan 1 (satu) kantor layanan Morowali. “Tidak hanya berfokus kepada layanan pertambangan, Sucofindo Cabang Kendari dan Kantor Layanan Morowali mampu mengoptimalisasikan melalui layanan laboratorium lingkungan, dan ini menjadi laboratorium lingkungan satu-satunya di Kendari,” kata Deddy Sarmanto.

Selain itu, Sucofindo Cabang Kendari mampu melayani Layanan Pengujian kualitas, Inspeksi infrastruktur, ISO Series, layanan pendukung proper, pelatihan, dan pengembangan teknologi, seperti SPARING (Sistem pemantauan kandungan Limbah yang akan dibuang ke Sungai menggunakan sensor), CEMS (Sistem pemantauan kandungan Limbah udara menggunakan sensor), ONLIMO (Sistem pemantauan Sungai menggunakan sensor). 

“Kedepannya kami siap membantu untuk mendukung Sulawesi Tenggara secara luas melalui layanan lainnya untuk bersama mewujudkan Indonesia Emas 2045,” tutup Deddy. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Tag


TERBARU

[X]
×