kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Baru Listing di BEI, Topindoku (TOSK) Jalin Kerja Sama Dengan Telkomsel


Jumat, 16 Februari 2024 / 17:40 WIB
Baru Listing di BEI, Topindoku (TOSK) Jalin Kerja Sama Dengan Telkomsel
ILUSTRASI. Topindo Solusi Komunika (TOSK) gandeng Telkomsel untuk menggarap pasar UMKM.


Reporter: Yuliana Hema | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. PT Topindo Solusi Komunika Tbk (TOSK) menjalin kerja sama dengan entitas usaha PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM), yakni PT Telekomunikasi Selular alias Telkomsel untuk menggarap pasar UMKM. 

Sekretaris Perusahaan Topindo Solusi Komunika Mutsabbit Firas menjelaskan melalui kerja sama ini, keduanya akan luncurkan paket data khusus untuk Mitra Topindoku. 

"Seluruh rangkaian produk kerja sama antara Topindoku dan Telkomsel telah terintegrasi di dalam aplikasi Topindoku bernama Paket Data UMKM," jelas dia dalam keterangan resmi, Jumat (16/2). 

Mutsabbit bilang, produk paket data Topindoku menjadi salah satu produk yang paling diminati selama 2023. Ini mencerminkan tingginya peminat terhadap produk paket data internet. 

Baca Juga: Pasca IPO, Topindo Solusi Komunika (TOSK) Bakal Rambah Bisnis FMCG Fisik

Ke depannya, Founder & Chief Executive Officer Topindo Solusi Komunika Seiko Manito menambahkan TOSK akan mendongkrak margin usaha dan laba bersih melalui bauran produk (product mix). 

Produk digital selama ini memberikan volume pendapatan yang besar dan stabil, tetapi dari sisi margin cukup rendah, sedangkan produk non-digital memberikan margin yang jauh lebih tinggi. 

"Namun membutuhkan usaha ekstra karena membutuhkan infrastruktur dan logistik yang lebih besar," tutur Seiko. 

Untuk itu, TOSK menggelar penawaran umum perdana saham alias Initial Public Offering (IPO). Melalui aksi korporasi ini, TOSK berhasil mengantongi dana segar Rp 109,37 miliar. 

Rinciannya, sekitar 40% dari IPO setelah dikurangi biaya-biaya emisi efek akan digunakan untuk modal kerja berupa pembelian persediaan produk digital dan pengembangan sistem IT. 

 

Kemudian sekitar 9,53% akan dialokasikan untuk entitas anak, yaitu TNN, dalam bentuk penyetoran modal kerja yang akan dipakai untuk modal kerja berupa pembelian persediaan produk ritel. 

Sekitar 50,47% akan dialokasikan untuk entitas anak, yaitu TIP dalam bentuk penyetoran modal. Rencananya, TIP bakal mengakuisisi sebuah properti dan keperluan modal kerja serta operasional.

"Dengan IPO ini diharapkan TOSK dapat memperkuat lini bisnis non-digital dalam lima tahun ke depan," ucap Seiko.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×