CLOSE [X]
kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Begini cara kirim pesan WhatsApp dan video call hanya lewat perintah suara


Minggu, 08 September 2019 / 16:04 WIB

Begini cara kirim pesan WhatsApp dan video call hanya lewat perintah suara
ILUSTRASI. WhatsApp


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Google semakin memperkaya fitur Google Assistant dengan menggandeng beberapa pihak ketiga, salah satunya adalah WhatsApp.

Dengan menggandeng WhatsApp, kini si asisten virtual Google bisa diperintah dengan suara, untuk mengirim pesan WhatsApp dan melakukan panggilan video atau telepon, tanpa harus menyentuh smartphone

Sebelumnya, Google Assistant hanya bisa digunakan untuk melakukan panggilan video dan telepon melalui Google Duo dan Hangout saja. Dengan demikian, WhatsApp Video maupun WhatsApp Call bisa dilakukan secara hands-free alias tanpa menyentuh layar atau menggenggam ponsel. 

Baca Juga: Fitur terbaru dari Telegram, kirim pesan bisa diatur jadwalnya

Cukup ucap "Hey Google, WhatsApp video (sebut nama kontak)," kepada Google Assistant, seperti dikutip KompasTekno dari 9to5Google, Sabtu (7/9). 

Namun untuk membuat panggilan telepon, Google belum menjelaskan secara detail, perintah suara seperti apa yang akan digunakan. Fitur ini baru tersedia untuk pengguna WhatsApp di platform Android. Google mengatakan fitur ini telah tersedia saat ini, namun kemungkinan belum disebar merata di seluruh negara. 

Sementara untuk mengirimkan pesan teks WhatsApp dengan perintah suara melalui Google Assistant. Caranya, panggil Assistant Google dengan ucapan "Ok Google". 

Baca Juga: Jadi e-commerce yang paling banyak dikunjungi, ini kata Tokopedia

Sebelum mengirim pesan, pastikan nama kontak di WhatsApp tertulis jelas dan tidak membingungkan Google Assistant. Secara default, Google Assistant akan mengenali perintah suara dan pesan dalam Bahasa Inggris. 

Tetapi, pengaturan bahasa bisa diubah, caranya klik ikon kompas setelah memanggil Google Assistant, ikon tersebut ada di sudut kanan bawah. Kemudian buka foto profil di pojok kanan atas, pilih "Asisstant", kemudian "Bahasa", dan tambahkan Bahasa Indonesia. 

Setelah pengaturan bahasa selesai, panggil kembali Google Assistant untuk mengirim pesan WhatsApp dengan mengucap "Hey Google, kirim pesan WhatsApp (sebut nama kontak)". 

Baca Juga: Blibli bakal buka kanal baru layanan pelanggan melalui WhatsApp

Google Assistant akan memastikan lagi kontak yang dimaksud, kemudian menanyakan pesan apa yang ingin dikirimkan. Sebelum pesan terkirim, ia akan memastikan lagi isi pesan yang akan dikirimkan. Pengguna bisa mengubah pesan apabila ragu, atau langsung mengirimnya jika sudah yakin. (Wahyunanda Kusuma Pertiwi)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kirim Pesan WhatsApp dan Video Call dengan Perintah Suara, Begini Caranya"


Sumber : Kompas.com
Editor: Yoyok
Video Pilihan

Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2019 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0012 || diagnostic_api_kanan = 0.0023 || diagnostic_web = 0.1210

Close [X]
×