kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,02   -8,28   -0.91%
  • EMAS1.318.000 0,61%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Begini Kondisi Bisnis dan Industri pada Tahun Kelinci Air di Mata Pakar Feng Shui


Jumat, 20 Januari 2023 / 22:45 WIB
Begini Kondisi Bisnis dan Industri pada Tahun Kelinci Air di Mata Pakar Feng Shui


Reporter: Muhammad Julian | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. “Menuju kemajuan dengan ketidaksempurnaan”. Kalimat tersebut, menurut pakar feng shui Master Xiang Yi, menggambarkan kondisi bisnis secara umum di tahun kelinci air pada 2023 ini. 

Lewat ungkapan tersebut, Master Xiang Yi menerangkan bahwa pelaku bisnis bakal menjumpai  ‘ketidaksempurnaan’ atau ‘kepincangan’ di tahun kelinci air. Namun hal tersebut juga merupakan bagian dari proses menuju kemajuan. 

Dalam konteks bisnis, kondisi tersebut misalnya bisa dijumpai pada perolehan hasil bisnis yang tidak maksimal akibat banyak pelaku pasar pasca Covid-19, namun tetap berhasil.

“Jadi misalnya tahun 2023 Covid sudah mereda, semua orang sudah ingin berlomba-lomba untuk maju mengembangkan suatu bisnis, tetapi justru bergerak serentak sehingga pasar menjadi terbagi. Maka walaupun berhasil, masing-masing tidak bisa mencapai porsi yang maksimal,” terang Master Xiang Yi saat dihubungi Kontan.co.id, Jumat (20/1).

Baca Juga: Pelaku Usaha Lihat Prospek Bisnis Energi Fosil Tetap Cerah di Tahun Kelinci Air

Lebih lanjut, Master Xiang Yi juga membeberkan sejumlah sektor industri yang menurutnya memiliki prospek baik, antara lain seperti pertambangan, transportasi, dan media. Sementara itu, sektor yang menurutnya menghadapi  tantangan misalnya teknologi.

Pembagian ini didasarkan pada hubungan antara karakter elemen sektor tersebut dengan karakter elemen kayu pada kelinci air. Menurut Master Xiang Yi, unsur kayu pada kelinci air dapat menghidupkan api. Sementara itu, tambang bersifat logam yang dalam prosesnya membutuhkan api untuk membentuk atau membuat barang yang dibutuhkan.

Itulah sebabnya sektor tambang memiliki prospek yang baik di tahun kelinci air. 

“Jadi tambang untuk tahun ini dia akan seperti tahun-tahun lalu, berjalan normal,” tuturnya. 

“Namun batubara barangkali ada sedikit ketinggalan, namun dia tetap bagus,” imbuhnya lagi.

Meski begitu, ia menyarankan agar pelaku industri tetap melakukan ikhtiarnya dengan sepenuh hati sesuai dengan keinginan, namun tetap dengan mengedepankan studi/penelitian lapangan terlebih dahulu.

Baca Juga: Ahli Fengshui Bocorkan Sektor Bisnis yang Beruntung di Tahun Kelinci Air

“Kita harus teliti dulu, kita harus membaca grafik dulu, memperkirakan dulu, perkembangan ke depannya semaksimal apa, itu yang penting. Jadi bukan karena kita ngarep oh tahun ini bidang ini bagus bidang itu tidak bagus lalu kita menjadi ciut, menjadi takut. Itu tidak benar,” tuturnya. 

“Tiap orang memiliki tanggal lahir masing-masing, memiliki keberuntungan masing-masing, itu harus dikaji harus diperiksa satu per satu orang per orang, tidak bisa dijadikan sesuatu yang makro,” imbuhnya lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×