CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.018,33   10,53   1.04%
  • EMAS995.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.30%
  • RD.CAMPURAN -0.02%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.01%

Begini upaya Coca Cola Amatil Indonesia perkuat bisnis keberlanjutan


Jumat, 12 Maret 2021 / 17:36 WIB
Begini upaya Coca Cola Amatil Indonesia perkuat bisnis keberlanjutan
Atap panel surya di pabrik Coca Cola Amatil Indonesia, Cikarang Barat.


Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Coca Cola Amatil Indonesia melakukan berbagai inovasi di semua lini bisnisnya untuk memperkuat implementasi bisnis keberlanjutan. Adapun upaya yang dilakukan adalah dengan investasi berbasis environmental, social and governance (ESG). 

Lucia Karina, Public Affairs, Communications, & Sustainability Director Coca-Cola Amatil Indonesia memaparkan perusahaan memiliki komitmen lebih dari 29 tahun untuk melaksanakan bisnis keberlanjutan di Indonesia. 

Salah satu upaya nyata dalam mengurangi penggunaan plastik untuk kemasannya juga telah dilakukan melalui program light-weighting dan inovasi Affordable Single Serve Pack (ASSP). Melalui inisiatif tersebut, Amatil Indonesia telah berhasil mengurangi 1.000 ton plastik dari kemasannya setiap tahun.

"Ke depannya, Amatil Indonesia berkomitmen untuk membuat kemasannya 100% dapat didaur ulang pada tahun 2025 dan menggunakan 50% bahan daur ulang untuk botol dan kalengnya pada tahun 2030," jelasnya kepada Kontan.co.id, Jumat (12/3). 

Baca Juga: Coca Cola Amatil Indonesia perkuat penjualan melalui kanal digital

Di sisi lain, Amatil Indonesia juga berupaya mewujudkan visinya dalam menciptakan kemasan plastik closed loop dengan menandatangani Heads of Agreement dengan Dynapack Indonesia untuk membangun fasilitas daur ulang PET botol-ke-botol di Indonesia. Rencananya, akan dilakukan ground breaking di awal April 2021 dan target rampung di akhir 2022 mendatang. 

Karina mengatakan pabrik ini akan memungkinkan Amatil Indonesia untuk memproduksi botol plastik yang terbuat dari plastik daur ulang dan mengurangi jumlah resin plastik baru yang digunakan oleh perusahaan sekitar 25.000 ton setiap tahunnya pada tahun 2022.

Tak hanya itu, Amatil Indonesia juga mendorong inovasi dalam desain kemasan dengan mempertimbangkan kemampuan daur ulang. Oleh karena itu, perusahaan mulai mengubah kemasannya dari yang berwarna menjadi bening mulai dari Freestea Green pada tahun 2015 dan Nutriboost pada 2016. 

Tahun ini, Amatil Indonesia meluncurkan Sprite Waterlymon dengan kemasan bening dan akan terus memimpin inovasi pengemasan dan perjalanan desain ulang industri yang lebih luas.

Selanjutnya: Coca Cola Amatil Indonesia akan bangun lini produksi ASSP ketiga di Cikarang Barat

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Data Analysis with Excel Pivot Table Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

[X]
×