kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45946,77   5,66   0.60%
  • EMAS930.000 0,11%
  • RD.SAHAM 0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.15%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.20%

Begini update perkembangan proyek PLTGU Jawa 1


Kamis, 25 November 2021 / 16:23 WIB
Begini update perkembangan proyek PLTGU Jawa 1
ILUSTRASI. PLTGU. KONTAN/Cheppy A. Muchlis/01/08/2018

Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sejak akhir Oktober 2021, proyek Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU) Jawa-1 masih dalam tahap comissioning and preparation. Adapun perkembangan dari sisi konstruksi, manajemen  Jawa Satu Power mengungkapkan sudah di atas 95%. 

Sekretaris Perusahaan PT Jawa Satu Power (JSP), Rangga Irzad Harnindya mengatakan aktivitas uji coba dan persiapan sudah mulai di Oktober 2021 dan masih berlanjut hingga saat ini. Dalam kegiatan ini, uji coba dilakukan pada semua komponen pembangkit. 

"Terkait dengan progres konstruksinya kami sudah di atas 95% tinggal sedikit lagi. Seandainya kegiatan uji coba dan persiapan ini sudah selesai, maka siap masuk ke fase Commercial Operation Date (COD)," jelasnya kepada Kontan.co.id, Kamis (25/11). 

Baca Juga: Hingga September 2021, 10.864 MW dari program 35.000 MW sudah masuki tahap COD

Namun, saat ditanya kapan akan COD, Rangga tidak bisa memberikan keterangan lebih lanjut karena pihaknya masih harus menunggu kesiapan dari kontraktor Engineering Procurement Construction (EPC) terkait apakah kegiatan uji coba dan persiapan ini sudah sesuai standard atau belum. 

Sebagai informasi saja, PT Jawa Satu Power menunjuk konsorsium GE, Samsung C&T dan PT Meindo Elang Indah sebagai kontraktor EPC untuk PLTGU Jawa-1 

"Untuk masuk dalam proses komersial tentu harus ada diskusi yang matang dengan semua pihak tidak hanya kontraktor EPC melainkan juga bersama PT PLN, PPI, dan pihak terkait lainnya. Prosesnya masih dicek semua, maka dari itu kami juga belum bisa mengatakan kapan tepatnya COD bisa dilakukan. Kami menunggu proses comissioning and preparation selesai dahulu," tegasnya.

Baca Juga: Pengembangan PLTS Atap rugikan PLN, ini kata AESI

Adapun, melansir catatan Kontan.co.id sebelumnya, proyek PLTGU Jawa 1 diproyeksikan dapat COD di Desember 2021.  Rangga bilang, dari segi peralatan, PLTGU Jawa 1 merupakan pembangkit pertama yang menggunakan teknologi baru sehingga tidak bisa disamakan dengan mesin atau turbin yang pernah dibuat GE sebelumnya. 

Kembali mengintip catatan Kontan.co.id sebelumnya, proyek Jawa 1 akan menjadi pembangkit listrik dengan teknologi combined-cycle terbesar di Indonesia, menggunakan teknologi turbin gas HA terbaru dari GE. 

Selanjutnya: Metode baru, BPS akan lakukan sensus penduduk melalui telepon

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
UU Kepailitan Tuntas Mendelegasikan Tugas

[X]
×