kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.310.000 -1,13%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bendera properti Astra semakin berkibar


Minggu, 16 Oktober 2016 / 22:40 WIB
Bendera properti Astra semakin berkibar


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Yudho Winarto

JAKARTA. PT Astra International Tbk sudah semakin serius menggeluti bisnis properti. Setelah memulai debutnya dengan mengembangkan gedung perkantoran dan apartemen elite di kawasan Sudirman Jakarta Pusat, perusahaan konglomerasi ini akan melanjutkan ekspansinya ke proyek baru.

Astra International akan mengembangkan kawasan multifungsi (mixed use) seluas 70 hektare (ha) di Cakung, Jakarta Timur. Proyek tersebut akan dikembangkan oleh anak usahanya PT Astra Land Indonesia berkolaborasi dengan anak usaha PT Modernland Realty Tbk yakni PT Mitra Sindo Makmur dengan porsi masing-masing 50%.

Yovi Natawi, Corporate Communication Astra Land mengatakan proyek perdana yang akan dikembangkan di lahan tersebut akan meluncur pada kuartal IV tahun depan.

Namun, ia belum bersedia menjelaskan proyek seperti apa yang akan dikembangkan di sana. "Tahap perencanaan akan segera dimulai," kata Yovi dalam keterangan yang diterima KONTAN, Minggu (16/10).

Astra Land juga belum mau membeberkan berapa belanja modal yang akan disiapkan perusahaan untuk mengembangkan lahan tersebut. Hanya yang jelas, investasi untuk akuisisi lahannya saja menelan biaya sebesar Rp 3,4 triliun. Astra Land sendiri merupakan perusahaan patungan antara Astra Group dengan Hongkong Land.

Astra Land tertarik ekspansi ke Cakung karena melihat potensinya yang cukup besar dengan adanya karena sudah tersambung infrastruktur. Selain itu, jumlah lahannya yang besar juga memungkinan perusahaan melakukan pengembangan berkesinambungan.

Ke depan Astraland akan terus melanjutkan ekpansinya bisnis. Yovi bilang, pihaknya akan fokus pada ekspansi semi brownfield project dalam jangka pendek dan menengah.

Sebelumnya, Astra juga telah berkolaborasi dengan Hongkong Land dalam mengembangan apartemen di kawasan central business district (CBD) Sudirman bertajuk Anandamaya Residence. Keduanya membentuk PT Brahmayasa Bahtera dimana 60% sahamnya digenggam oleh Astra dan Hongkong mendekap 40%.

Ini merupakan proyek residensial eksklusif yang terdiri atas sebuah luxury tower dan dua premium towers. Anandamaya Residences memiliki 509 unit apartemen dan telah dirilis sejak 2014.




TERBARU

[X]
×