kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Bernilai US$ 4,487 miliar, Gojek jadi merek digital paling berharga di Indonesia


Jumat, 13 September 2019 / 11:57 WIB
Bernilai US$ 4,487 miliar, Gojek jadi merek digital paling berharga di Indonesia
ILUSTRASI. Logo Gojek

Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Gojek masuk dalam daftar 10 besar BrandZ Most Valuable Indonesian Brand 2019. Adapun merek paling bernilai di Indonesia adalah Gojek yang menempati posisi enam dan menjadi perusahaan teknologi dengan peringkat paling baik di antara perusahaan lain.

Dalam laporan BrandZ 2019, menyatakan bahwa nilai merek atau brand value Gojek pada 2019 sebesar US$ 4,487 miliar, tumbuh 88% dibandingkan 2018. Menurut BrandZ, perusahaan teknologi penyedia layanan on-demand ini unggul sebagai The Most Valuable Digital Brand alias merek digital paling bernilai yang dinilai berdasarkan aspek-aspek Purpose, Innovation, Communications, Experience, dan Love yang membentuk metriks meaningful (bermakna), different (unik/berbeda dengan brand lain), dan salient (selalu diingat).

Baca Juga: Gibran: Gojek bisa tularkan kesuksesan untuk startup lain

Aspek-aspek tersebut menunjukkan bahwa brand health (kesehatan merek) Gojek sangat baik sehingga mendukung pertumbuhan nilai merek. Co-Founder Gojek Kevin Aluwi mengatakan, pihaknya menyambut kabar baik tersebut dan bersyurkur atas predikat ini. "Ini berarti kehadiran Gojek masih membawa dampak yang signifikan bagi masyarakat Indonesia. Kami mendirikan Gojek karena ingin mengatasi masalah mobilitas, keberhasilan solusi yang kami tawarkan melalui ride-hailing kemudian membawa kami kepada potensi-potensi solusi vertikal lainnya," kata Kevin dalam keterangannya, Kamis (12/9).

Kevin menyebutkan, saat ini Gojek telah memiliki lebih dari 20 layanan dalam satu platform termasuk layanan pesan-antar makanan, dompet digital, gaya hidup, dan lainnya. Pun data dari Nikkei menyebutkan jumlah pengguna aktif bulanan Gojek di Indonesia paling banyak dibandingkan dengan aplikasi on-demand lainnya.

Baca Juga: Rumor hangat: Hadang Gojek, Grab akan mengakuisisi DANA

"Data yang sama juga menyebutkan bahwa jumlah pengguna aktif bulanan Gojek di Indonesia setara dengan jumlah pengguna aktif bulanan aplikasi ride-sharing terbesar dunia di Amerika," ungkapnya.

Dia menjelaskan, data tersebut diperkuat dengan hasil survei dari Alvara Research Center pada Juli lalu. Hasilnya membuktikan tiga layanan Gojek yaitu transportasi, pesan-antar makanan, dan pembayaran digital menjadi pilihan utama milenial Tanah Air. "Kami percaya bahwa Gojek tetap terdepan di Indonesia, karena kami adalah perusahaan karya anak bangsa dengan pemahaman yang mendalam tentang konsumen dan pasar Indonesia. Ke depannya, kami terus berupaya untuk menawarkan cara pintar dalam mengatasi tantangan yang dihadapi para pengguna," tambahnya.

BrandZ merupakan satu-satunya peringkat penilaian brand yang berdasarkan pendapat konsumen. Analisis BrandZ memungkinkan merek-merek Indonesia untuk mengidentifikasi kekuatan mereka di pasar dan memberikan panduan strategis yang jelas terkait cara meningkatkan nilai perusahaan dalam jangka panjang.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Gojek Dinobatkan Jadi Merek Digital Paling Bernilai di Indonesia"
Penulis : Murti Ali Lingga
Editor : Sakina Rakhma Diah Setiawan


Tag


TERBARU

Close [X]
×