kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Bidik laba bersih positif, MPPA teruskan strategi efisiensi perusahaan


Senin, 11 Maret 2019 / 21:00 WIB

Bidik laba bersih positif, MPPA teruskan strategi efisiensi perusahaan


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Strategi efisiensi berhasil, kuartal IV 2018 PT Matahari Putra Prima Tbk (MPPA) klaim catatkan pertumbuhan.

Fernando Repi, Kepala Divisi Komunikasi Perusahaan PT Matahari Putra Prima Tbk menyebutkan bahwa capaian di kuartal IV lalu mencatatkan pertumbuhan. Adapun pertumbuhan tersebut didorong dari strategi efisiensi dan juga periode natal dan tahun baru.

"Kuartal IV naik walaupun tidak terlalu signifikan, untuk prosentasenya belum bisa terkonfirmasi hanya saja naik karena ada natal dan tahun baru juga," tuturnya saat dihubungi kontan.co.id, Senin (11/3).

Oleh sebab itu, ia menyebutkan pihaknya akan terus melakukan efisiensi-efisiensi di tahun ini dengan harapan laba bersih perusahaan bisa positif di tahun ini. Sekedar mengingatkan, hingga kuartal III tahun lalu perusahaan mencatatkan kerugian sebesar Rp 335 miliar atau turun dibandingkan dengan rugi perusahaan di periode yang sama tahun sebelumnya yakni sebesar Rp 385 miliar.

Adapun strategi efisiensi yang diterapkan perusahaan yakni evaluasi luas area, beberapa gerai yang dikonversi menjadi supermarket, mengendalikan operasional beban, berhati-hati dalam ekspansi gerai-gerai baru, dan pemilihan secara selektif untuk barang yang dijual.

Untuk konversi model menjadi supermarket sendiri, sepanjang tahun lalu ia bilang telah mengonversi 3-4 gerai. Dengan begitu, saat ini model supermarket yang dimiliki perusahaan sebanyak 28 gerai.

Sedangkan untuk ekspansi di tahun ini, Fernando menyebutkan bahwa pihaknya akan terus melakukan penambahan gerai baru. Walaupun begitu, ia pun masih enggan untuk menyampaikan jumlah gerai baru yang akan dibuka serta anggaran belanja modal yang disiapkan perusahaan di tahun ini.

"Untuk jumlah kami belum bisa sampaikan karena belum terkonfirmasi. Namun, untuk anggaran kami harapkan tetap sama dengan tahun lalu karena ritel kalau tidak ekspansi tidak akan berkembang," katanya.


Reporter: Sugeng Adji Soenarso
Video Pilihan


Close [X]
×