kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.504.000   5.000   0,33%
  • USD/IDR 15.935   0,00   0,00%
  • IDX 7.246   -68,22   -0,93%
  • KOMPAS100 1.110   -11,46   -1,02%
  • LQ45 880   -11,76   -1,32%
  • ISSI 222   -0,92   -0,41%
  • IDX30 452   -6,77   -1,48%
  • IDXHIDIV20 545   -7,80   -1,41%
  • IDX80 127   -1,32   -1,03%
  • IDXV30 136   -1,06   -0,77%
  • IDXQ30 150   -2,29   -1,50%

Bidik pemudik, CFC buka tujuh gerai di Pantura


Selasa, 24 Juli 2012 / 08:11 WIB
Bidik pemudik, CFC buka tujuh gerai di Pantura
ILUSTRASI. Promo Transmart Carrefour weekday 28 Juni 2021 menawarkan produk-produk kebutuhan rumah tangga dengan harga terjangkau. KONTAN/Fransiskus Simbolon


Reporter: Albertus M. Prestianta | Editor: Asnil Amri

JAKARTa. PT Pioneerindo Gourmet International Tbk tak mau ketinggalan untuk menangguk rezeki Ramadan. Itulah sebabnya, pemiliki gerai makanan cepat saji California Fried Chicken (CFC) ini akan mendirikan tujuh gerai sementara di sepanjang jalur pantai utara (pantura).

Corporate Services Director Pioneerindo Gourmet, Susanna Kusnowo menyebut, perusahaan akan membuka tujuh gerai CFC di tujuh titik stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) sepanjang pantura, mulai dari Cikampek hingga kawasan Pejagan, Jawa Barat.

"Gerai itu untuk melayani para pemudik yang lewat jalur pantura," kata Susanna, Senin (23/7). Gerai tersebut akan beroperasi selama sebulan, mulai 10 Agustus hingga 10 September.

Menurut Susanna, ide pembukaan gerai dadakan itu lantaran melihat peningkatan jumlah pemudik yang melewati pantura setiap tahunnya. Target utama dari gerai dadakan ini adalah para pemudik motor. "Mereka tentu butuh istirahat, dan biasanya istirahat di SPBU," jelasnya.

Tak hanya itu, pendirian gerai diharapkan bisa menggenjot penjualan yang biasanya lesu di awal puasa. Keberadaan gerai dadakan juga diharapkan bisa meningkatkan brand awareness CFC.

Tampilan tujuh gerai CFC itu nantinya seperti gerai yang ada di foodcourt pusat perbelanjaan. Kata Susanna, pihaknya siap memasang fasilitas seperti peralatan memasak, meja, dan kursi di lokasi. "Kami tidak perlu mendirikan fisik bangunan, hanya menyewa. Bekerjasama dengan SPBU setempat," ujarnya.

Perusahaan berkode saham PTSP ini menggelontorkan dana Rp 1,4 miliar untuk membuka tujuh gerai itu. Dananya dari kas internal.
Selain mendirikan gerai, CFC juga akan lebih memikat konsumen dengan meluncurkan promo produk baru, berupa paket berbuka puasa.
Tambah 25 gerai

Nantinya, setelah sebulan beroperasi, CFC akan membongkar tujuh gerai dadakan itu. Nah, peralatan yang ada akan digunakan kembali untuk pembangunan gerai permanen.

Sejatinya, Pioneerindo berniat mendirikan 25 gerai baru pada tahun ini. Sampai semester pertama, perseroan sudah membuka 16 gerai. "Sisa 9 gerai akan dibuka sebelum akhir tahun," ujar Susana.

Terkait kinerja, Susanna mengklaim, penjualan pada semester pertama telah mencapai 50% dari total target penjualan tahun ini. Perseroan memproyeksikan penjualan tahun ini mencapai Rp 351 miliar, atau naik 20% dibanding pencapaian tahun lalu. Menurutnya, peningkatan penjualan ditopang penambahan gerai baru.

Susanna optimistis, perusahaan bisa meraup penjualan lebih besar lagi pada semester II 2012. Secara siklus, penjualan pada paruh kedua merupakan yang paling besar.

Kata Susanna, lebih spesifik di kuartal ketiga merupakan peak season atau puncak penjualan. Penjualan di kuartal ketiga diproyeksi bakal berkontribusi lebih dari 30% terhadap total penjualan tahun ini. Optimisme itu didorong adanya momen liburan sekolah dan lebaran.

Dia memproyeksikan, penjualan CFC akan melonjak tajam mendekati lebaran nanti. Maklum, adanya THR (tunjangan hari raya) membuat dayabeli masyarakat bakal semakin menguat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Kiat Cepat Baca Laporan Keuangan Untuk Penentuan Strategi dan Penetapan Target KPI Banking and Credit Analysis

[X]
×