kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45912,18   -11,31   -1.22%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bikin Internet Lebih Ngacir, XL Axiata dan Huawei Terapkan Teknologi Terbaru


Minggu, 02 Oktober 2022 / 22:03 WIB
Bikin Internet Lebih Ngacir, XL Axiata dan Huawei Terapkan Teknologi Terbaru
ILUSTRASI. Pemeliharaan BTS; Teknisi XL Axiata sedang melakukan pemeriksaan perangkat BTS 4G di atas tower yang berada di Luwuk, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah. Rabu (24/8/2022). K KONTAN/Baihaki


Reporter: Ahmad Febrian | Editor: Ahmad Febrian

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Melonjaknya trafik data di jaringan harus diimbangi dengan kapasitas jaringan memadai. Kapasitas ini untuk mempertahankan standar layanan yang tinggi dan pengalaman yang mulus bagi pengguna. 

Maka, XL Axiata dam Huawei mengimplementasikan teknologi terbaru FDD Smart 8T8R”. Hasil serangkaian uji coba menunjukkan peningkatkan kualitas dan kapasitas jaringan hingga 2,9 kali. Penerapan teknologi ini sekaligus mengimplementasikan green information and communication technology (ICT).

Direktur Teknologi & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan, bersama Huawei pihaknya mengeksplorasi dan menerapkan lebih banyak terobosan teknologi untuk membangun jaringan berkualitas tinggi.

Baca Juga: XL Axiata (EXCL) Sudah Serap Capex Rp 6,8 Triliun di Semester I-2022

“Teknologi FDD Smart 8T8R ini, selain dapat meningkatkan efisiensi spektrum untuk mencapai peningkatan throughput pengguna hingga sebesar 2 kali terhadap teknologi 4T4R, juga bisa membantu mengurangi konsumsi daya hingga 26% serta memperbesar efisiensi spektrum pada jaringan, sehingga membantu mengurangi beban operasional jaringan,” terang Gede, dalam rilis yang diterima Kontan.co.id, Jumat (30/9).

Weiwei, XL Account Director of Huawei Indonesia mengatakan, Huawei berkomitment mendukung membangun jaringan canggih yang memenuhi persyaratan untuk pengembangan di masa depan.

“Kami akan terus memberikan solusi inovatif untuk mendukung XL Axiata bertransformasi menjadi operator konvergensi termasuk mendukung pembangunan broadband nasional di Indonesia,” jelas Weiwei.

Baca Juga: Semester I 2022, XL Axiata (EXCL) Catat Realisasi Capex Rp 6,8 Triliun

Hingga akhir semester 1 2022, trafik data XL Axiata meningkat sebesar 30% dari periode yang sama tahun sebelumnya. Peningkatan trafik ini terus meningkat seiring dengan meningkatnya mobilitas masyarakat pasca pandemi Covid-19, termasuk diijinkannya masyarakat melakukan perjalanan.

Sebagian jaringan telah menembus dan melayani masyarakat di pelosok-pelosok daerah yang terpencil dan berada di perbatasan negara. Total sebanyak lebih dari 144.000 BTS, di antaranya lebih dari 88.000 BTS 4G, dan jaringan fiber optik sepanjang lebih dari 130.000 kilometer, menopang kekuatan jaringan XL Axiata.

Ini untuk melayani sekitar 57 juta pelanggan di berbagai wilayah di Indonesia. Dengan penetrasi 4G sekitar 90,9%. 

Baca Juga: Rights Issue Untuk Bayar Utang, Ini Rekomendasi Saham XL Axiata (EXCL)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×