kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bio Farma segera olah bahan baku vaksin Covid-19 dari Sinovac


Rabu, 13 Januari 2021 / 14:14 WIB
Bio Farma segera olah bahan baku vaksin Covid-19 dari Sinovac
ILUSTRASI. Petugas menurunkan kontainer berisi vaksin COVID-19 saat tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten


Sumber: Kompas.com | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bio Farma telah menerima 15 juta dosis bahan baku (bulk) vaksin Covid-19 dari Sinovac. Nantinya, bahan baku yang diterima ini akan diolah menjadi produk akhir berupa vaksin Covid-19 dengan nama Cov2Bio dan Covid-19. 

Adapun bahan baku ini akan diolah di fasilitas fill and finish yang berada di Bio Farma. Namun sebelum bahan baku ini diolah tetap akan dilakukan serangkaian quality control, baik yang dilakukan oleh Bio Farma maupun oleh Badan POM.

Hal ini dilakukan untuk memastikan bahan baku yang dikirim dari Sinovac ini masih terjaga kualitasnya dan sesuai dengan standar yang berlaku, sehingga bisa diteruskan menjadi produk jadi. 

Sekretaris Perusahaan Bio Farma Bambang Heriyanto mengatakan, kedatangan vaksin Coivd-19 dari Sinovac pada tanggal 12 Januari 2021 ini memiliki bentuk yang berbeda dengan kedatangan sebelumnya pada akhir Desember lalu. Sebab sebelumnya vaksin yang datang pada Desember 2020 dalam bentuk produk jadi siap pakai dosis tunggal. 

Baca Juga: Bio Farma: Pfizer ingin klausul bebas hukum jika ditemukan masalah dalam vaksinasi

“Bentuk vaksin Covid-19 yang diterima oleh Bio Farma pada hari ini, masih dalam bentuk bulk, untuk selanjutnya akan diolah di fasilitas fill and finish milik Bio Farma untuk menjadi Finish Product kemasan multi dose 10 dosis per vial untuk penggunaan 10 penerima vaksin”, ujar Bambang dalam keterangan tertulisnya, Rabu (13/1). 

Bambang melanjutkan, pembelian bahan baku ini merupakan bagian dari kerja sama alih teknologi dari Sinovac ke Bio Farma, terutama dalam hal fill and finish product Covid-19 dan juga proses Quality Control. 

Sebelumnya, vaksin jadi Covid-19 dengan nama CoronaVac asal Sinovac, telah mendapatkan Emergency Use of Authorization (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM), yang ditetapkan di Jakarta pada tanggal 11 Januari 2021. 

Lalu pada 8 Januari 2021 lalu, dalam sidang  Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI), juga telah memutuskan bahwa baik vaksin CoronaVac, maupun produk fill and finish Covid-19 yang dikerjakan di Bio Farma dengan nama Cov2Bio, berstatus Suci dan Halal. 
Ketetapan itu dituangkan dalam Fatwa Nomor 02 Tahun 2021 Tentang Vaksin Covid-19 Dari Sinovac Life Sciences Co. Ltd. China dan PT. Bio Farma (Persero), pada tanggal 11 Januari 2021.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com berjudul: "Bio Farma Segera Olah Bahan Baku Vaksin Covid-19 dari Sinovac"

Penulis : Akhdi Martin Pratama
Editor : Yoga Sukmana

Selanjutnya: Bio Farma siapkan cold room berkapasitas 80 juta vaksin untuk program vaksinasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×